Tuesday, 16 Jul 2019
Temukan Kami di :
Gadget

Waspadai Jika Smartphone Mulai Melambat

Indah Pratiwi - 23/08/2018 21:01

Beritacenter.COM - Pernahkan smartphone aktivitasnya tiba-tiba melambat, panas, dan baterai cepat terkuras tanpa alasan yang jelas? Apabila itu terjadi, ada kemungkinan ponsel Anda telah terinveksi cryptocurrency.

Dilansir laman Phys.Org, Kamis (23/8/2018) dalam laporannya mengabarkan cryptocurrency merupakan serangan cyber baru yang disebut dengan istilah cryptojacking oleh pakar keamanan.

"Aktivitas ini terdiri dari menjebak server internet, komputer pribadi atau smartphone untuk menginstal malware untuk menambang cryptocurrency," kata Gerome Billois, seorang ahli di perusahaan manajemen layanan IT, Kamis(23/8).

Hal itu terjadi saat proses membantu memverifikasi dan memproses transaksi dalam mata uang virtual tertentu. Operasi penambangan menghubungkan ribuan prosesor bersama untuk meningkatkan daya komputasi yang tersedia untuk mendapatkan cryptocurrency korbannya.

Penambangan itu diantaranya bitcoin, ethereum, monero, dan cryptocurrency lainnya mungkin sangat menguntungkan, tetapi memerlukan investasi besar dan menghasilkan tagihan listrik yang besar. Mereka diam-diam mengeksploitasi prosesor di smartphone orang di seluruh dunia saat terhubung internet.

"Baru-baru ini, kami telah menemukan bahwa versi dari permainan populer Bug Smasher, yang dipasang dari Google Play antara satu dan lima juta kali, telah diam-diam menambang monero cryptocurrency pada perangkat pengguna," kata peneliti di perusahaan keamanan IT ESET.

Seorang peneliti keamanan di Kaspersky Lab, David Emm, mengungkapkan fenomena ini rupanya semakin berkembang. Pasalnya, sudah semakin banyak aplikasi mobile yang menyembunyikan kuda Trojan yang terkait dengan program penambangan cryptocurrency telah muncul di platform dalam setahun terakhir ini.

Perlu dicermati, Cryptojacking memengaruhi ponsel cerdas yang menjalankan sistem operasi Android Google. Apple lebih banyak melakukan kontrol terhadap aplikasi yang terpasang pada ponselnya, sehingga peretas telah tidak begitu menargetkan iPhone.

Saat ini, Google pun baru-baru ini telah berusaha untuk membersihkan Play Store dari aktivitas Cryptocurrency.

 

 

 




Berita Lainnya

Nokia 8.1 Akan Segera Rilis di Dubai

17/11/2018 11:40 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA