Friday, 16 Nov 2018
Temukan Kami di :
News

Pembukaan Asian Games Dimeriahkan Musik Angklung dan Kolintang

Indah Pratiwi - 18/08/2018 19:25

Beritacenter.COM - Pada pembukaan Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) mulai pukul 19.00 WIB dihadiri puluhan ribu penonton dengan beragam atraksi kesenian yang meriahkan suasana.

Tampak terlihat kemegahan dan kemeriahannya sudah terasa di kawasan SUGBK. Penonton dan tamu negara disuguhi dengan beragam kesenian dan lagu-lagu khas Indonesia yang dibawakan oleh para seniman Indonesia, Sabtu(18/8).

Salah satu maskot Asian Games, nampak meriah saat hendak masuk ke stadion dijamu dengan kesenian musik menggunakan lagu dan alat musik khas Indonesia dengan lagu barat pun ikut meriahkan suasana.

Menurut Ferdinand Soputan, Komposer Gema Indah Nusantara mengatakan, seniman ini terdiri 18 grup musik kolintang, 8 vokalis, dan 218 angklung. Angka tersebut disesuaikan dengan tanggal pembukaan Asian Games yakni 18-8-2018.

“Ada dari instansi, sanggar, paguyuban dan sekolah. Jadi masing-masing dari mereka sudah diberi tugas terlebih dahulu, siapa yang pegang angklung, kolintang dan lain-lain. Kita satukan aransemen musiknya. Kemudian mereka dilatih oleh pengajar masing-masing. Lalu ada latihan gabungan sebanyak 2 kali. Tanggal 15 Agustus kemarin,” kata dia.

Selain itu, mereka juga membawa 10 lagu sebagian besar lagu barat dan sisanya adalah lagu kebangsaan Indonesia. Hal itu karena penonton tidak hanya dari Indonesia namun juga dari beberapa negara ikut hadir dalam acara akbar tersebut.

“Agar masyarakat juga mau sama-sama melestarikan kesenian tradisional asal dan asli Indonesia. Ini banyak loh ibu-ibu yang sudah berusia 60 tahun ke atas. Mereka masih mau melestarikan budaya kita. Jadi kami berharap generasi muda juga ikut melanjutkannya,” pungkas dia.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA