Friday, 16 Nov 2018
Temukan Kami di :
Kesehatan

Vaksin MR dari India, Halal atau Haram ?

Indah Pratiwi - 14/08/2018 18:50

Beritacenter.COM - Anggota Majelis Ulama Indonesia(MUI) Aminudin Yakub menyatakan komitmennya dengan Undang-undang Nomor 4 Tahun 2016 yang mewajibkan imunisasi kepada masyarakat dengan sertifikat halal.

"Hasil keputusan, pertama Menkes dan Bio Farma mendorong vaksin MR dari India untuk segera lakukan sertifikasi halal di MUI," kata Aminudin Yakub di Ombudsman RI, Selasa (14/8/2018).

Vaksin MR, kata dia, saat ini Kementrian Kesehatan telah mengirimkan surat untuk pelaksanaan program vaksin MR kepada MUI.

"Komisi fatwa LPPOM berkomitmen akan tindak lanjuti permintaan fatwa dan sertifikasi halal dalam waktu secepatnya. Dan kemenkes menunda pelaksanaan imunisasi MR bagi muslim sampai ada fatwa MUI. Sementara masyarakat yang tak ada hambatan aspek kehalalan dapat terus dilanjutkan," ujar Aminuddin

Surat yang diajukan ke Lembaga Pengkajian Pangan Obat dan Makanan (LPPOM) milik MUI adalah untuk menindaklanjuti permintaan apa saja terkait sertifikasi halal yang diminta oleh MUI.

"SII sudah kirimkam surat ke LPPOM MUI akan lakukan sertifikasi halal. LPPOM sudah balas suratnya, MUI memberikan bentuk dokumen yang dibutuhkan untuk ditindaklanjuti (SII) seperti audit on the spot lapangan, dan halal insurance," ujar Aminuddin

Jika dokumen itu telah dipenuhi, LPPOM akan melakukan audit terkait vaksin MR."Segera kami tindaklanjuti jika sudah lengkap (persyaratan). Dan Jika proses audit dilakukan, maka segera komisi fatwa segera tentukan hukum dari vaksin MR dari produk SII," tutup Aminuddin.




Berita Lainnya

Begini Cara Netralisir Rasa Pedas di Lidah

13/11/2018 16:29 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA