Monday, 20 Aug 2018
Temukan Kami di :
Internasional

Sebuah Masjid di China Ingin Dihancurkan, Ratusan Umat Islam Pasang Badan

Indah Pratiwi - 10/08/2018 14:22

Beritacenter.COM - Sebuah masjid yang berada di wilayah Weizhou di Tongxin, Otonomi Ningxia Hui, di depan Masjid Raya Weizhou rencananya akan dihancurkan oleh etnis Hui. Namun, rencana itu gagal lantaran ratusan umat Islam pasang badan demi tegaknya masjid tersebut.

Masjid Raya Weizhou merupakan bangunan yang menjadi kebanggaan umat Islam di China. Aksi penghancuran masjid tersebut terhenti setelah pejabat pemerintahan datang dengan ratusan orang islam.

Konflik tersebut sudah lama terjadi dan menjadi konflik paling sering terjadi antara umat Islam dengan komunis. Pihak Beijing takut lantaran kekuatan umat Islam bisa mengganggu paham komunis.

Dari sejumlah laporan hasil dokumen menjelaskan pemerintah Weizhou sudah meberitahukan rencana penghancuran masjid pada 3 Agustus lalu dan tersebar di internet.

Manajemen masjid diberi waktu hingga Jumat(10/8/2018) untuk menghancurkan sendiri bangunan dengan alasan lantaran belum mengantongi izin bangunan dan kontruksi.

"Sekarang kami hanya bersiaga. Masyarakat tidak akan membiarkan pemerintah menyentuh masjid ini, tetapi pemerintah juga tidak mau mundur," ujar salah seorang warga Umat Islam.

Bangunan Masjid Raya Weizhou sebenarnya telah dibangun tahun lalu. Namun, setelah berdirinya masjid tersebut suasana semakin tegang. Selain itu, umat Islam telah mengibarkan 10 bendera China di Masjid sebagai simbol cinta tanah air dan nasionalisme yang tidak pudar.

"Teguh mendukung Partai Komunis Tiongkok, membela kesatuan etnis, menjaga kebebasan beragama".

"Pemerintah lokal tidak menerapkan kebijakan pemerintah pusat," kata seorang warga.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA