Wednesday, 12 Dec 2018
Temukan Kami di :
Kesehatan

Jangan Langsung Mandi Setelah Berolahraga, Ini Penjelasanya

Dewi Sari - 09/08/2018 05:49

Beritacenter.COM - Berolahraga di pagi hari dapat menyehatkan badan kita. Tapi, tahukah anda jangan langsung mandi setelah berolahraga karena dapat berdamapak bagi kesehatan kita. Mandi dapat dilakukan usai keringat dibadan hilang.

Dikutip dari Times of India pada Minggu (5/8/2018), mandi dengan air dingin setelah olahraga memang sangat menyegarkan. Hal itu juga membuat tubuh lebih rileks.

Namun, langsung mandi setelah berolahraga bisa meningkatnya risiko terkena ruam dan masalah kulit yang disebabkan meningkatnya pertumbuhan bakteri di kulit karena tubuh yang berkeringat.

Namun, langsung mandi setelah berolahraga bisa meningkatnya risiko terkena ruam dan masalah kulit yang disebabkan meningkatnya pertumbuhan bakteri di kulit karena tubuh yang berkeringat.

Jadi, daripada Anda langsung mengguyur diri dengan air sehabis berolahraga, tunggulah beberapa saat untuk mandi.

Waktu jeda yang disarankan adalah sekitar 20 menit setelah berlatih. Hal ini penting dilakukan karena tubuh membutuhkan pendinginan setelah Anda berolahraga.

Gerakan peregangan berintensitas rendah sangatlah krusial jika Anda menginginkan tubuh kembali ke fase istirahat. Selain itu, yang terpenting, melakukan pendinginan mampu mengembalikan detak jantung dan suhu tubuh kembali ke situasi normal.

Idealnya, Anda akan berhenti mengeluarkan keringat berlebihan setelah 20 sampai 30 menit pasca berolahraga. Inilah mengapa mandi tepat dilakukan setelah jeda waktu tersebut.

Namun, jika Anda benar-benar merasa tidak bisa menunggu, gunakan waktu tersebut untuk merehidrasi tubuh. Caranya adalah dengan minum air atau jus.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui berapa lama jeda setelah Anda melakukan olahraga sebelum akhirnya mandi untuk membersihkan badan dari keringat. Semoga bermanfaat.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA