Thursday, 18 Oct 2018
Temukan Kami di :
Opini

Cara Membedakan Gempa Bumi Foreshock, Mainshock dan Aftershock

Indah Pratiwi - 06/08/2018 17:01

Beritacenter.COM - Gempa bumi merupakan getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat adanya pelepasan energi di dalam secara tiba-tiba yang membuat gelombang seismik. Gempa juga bisa disebabkan adanya pergerakan lempeng bumi yang tidak bisa diprediksi.

Dilansir Geologi, perlu diketahui, gempa Foreshock muncuk akibat sebelum gempa utama atau mainshock terjadi dan itu biasanya lokasi gempa dipastikan sama dengan gempa utama. Akan tetapi, kekuatan skala richternya saja lebih rendah, Senin(8/6).

Gempa Foreshock biasanya mendahului gempa utama sebelum terjadi. Ibaratnya, sebuah lempengan akan patah dan bergeser, pasti ada gerakan kecil yang terjadi mendahuluinya hingga nantinya lempengan tersebut benar-benar bergeser berskala besar.

Setelah gempa Foreshock terjadi, maka akan terjadi gempa Mainshock dengan kekuatan yang lebih besar diantara gempa-gempa yang lain. Dan itu akibat adanya pergeseran utama lempeng bumi. Akibat gempa Mainshock menyebabkan kerusakan paling parah di permukaan bumi.

Sedangkan gempa Aftershock terjadi sebagai gempa susulan yaitu gempa kecil setelah gempa Mainshock muncul. Biasanya, gempa Aftershock akan terjadi dengan gempa dengan skala intens yang lebih kecil.

Ketika gempa utama selesai, maka akan muncul gempa-gempa kecil dan itulah yang disebut dengan gempa aftershock.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA