Monday, 20 Aug 2018
Temukan Kami di :
Investasi

Perang Dagang Semakin Sengit, AS dan Eropa Keroyok China

Indah Pratiwi - 27/07/2018 19:09

Beritacenter.COM - Amerika Serikat(AS) melakukan kerjasama dan telah mencapai kesepakatan perdagangan dengan Kanada serta Meksiko. Selain itu, AS juga berhasil melakukan kesepakatan perdagangan dengan Uni Eropa(UE) untuk memberikan tekanan baru untuk China.

Kesepakatan dagang antara AS dan Uni Eropa telah disepakati antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Komisi Eropa Jean Claude Juncker di Washington DC.

Kesepakatan AS-UE memungkinkan keduanya untuk fokus melawan perdagangan China yang telah mengancam dunia. Anggota parlemen AS mengeluarkan undang-undang untuk memberikan tekanan dan lambatan investasi perusahaan China di AS. Selain itu, Eropa juga memberikan tekanan kepada China yang berbasis.

"AS dan UE akan bersekutu dalam perang (dagang) melawan China yang telah merusak sistem perdagangan dunia, pada dasarnya," kata penasihat ekonomi Trump Larry Kudlow. "Presiden Juncker membuatnya sangat jelas kemarin bahwa dia bermaksud membantu kami, Presiden Trump, pada masalah China," tuturnya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (27/7/2018).

"Mereka ingin bekerja sama dengan kami mengenai China dan mereka juga ingin membantu kami mereformasi WTO (Organisasi Perdagangan Dunia)," kata pejabat Gedung Putih yang tidak disebutkan namanya yang disampaikan kepada Reuters.

AS dan Uni Eropa berhasil menyelidiki perusahaan-perusahaan China yang berbasis di wilayahnya telah mencuri pencurian data rahasia perusahaan sekaligus pembajakan terhadap produk-produk yang dinilai merupakan tindakan kriminal.

Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara dengan Kanada dan Meksiko, Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin mengatakan dia berharap akan mencapai kesepakatan.

"Apakah itu satu kesepakatan atau dua kesepakatan, selama kita mendapatkan perjanjian yang tepat, kita tidak peduli," ujar Mnuchin kepada CNBC.




Berita Lainnya

BI Perbolehkan Beli Rumah Pertama Tanpa DP

29/06/2018 19:09 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA