Thursday, 12 Dec 2019
Temukan Kami di :
Opini

Mengetahui Lebih Dalam 7 Pintu Neraka dan Penghuninya

Indah Pratiwi - 25/07/2018 18:05

Beritacenter.COM - Neraka merupakan tempat yang paling buruk bagi manusia dan jin yang menjadi tempat hukuman untuk orang-orang yang mendustakan perintah dan ayat-ayat Allah SWT.

Neraka sendiri memiliki tingkatan-tingkatan sebagai tempat huni manusia dan jin sesuai dengan perbuatan buruk yang ia lakukan selama di dunia. Dalam Al Qur'an Allah SWT telah menjelaskan seperti apa dan bagaimana kondisi neraka itu, Selasa(25/7).

BACA JUGA :

Pada sebuah riwayat Ibnu Katsir, dalam neraka, terdapat malaikat-malaikat yang diketahui bernama Az-Zabaniyyah atau disebut Zabaniyah yang memiliki tugas khusus untuk menyiksa orang-orang di neraka. Para malaikat tersebut sangat kejam, beringas dan sadis menyiksa para penghuni neraka tanpa henti.

Allah SWT Berfirman:
"Biarlah dia memanggil golongannya (untuk menolongnya), kelak Kami akan memanggil malaikat Zabaniyah". (QS. Al-Alaq: 17 – 18).

Malaikat Zabaniyah yang diketahui berjumlah 19 dan tidak akan terbakar oleh api neraka. Lantaran Allah SWT telah menundukan api neraka kepada para malaikat Zabaniyah. Dan, Allah tidak menjadikan hati para malaikat tersebut ada rasa belas kasih dan lemah lembut sedikitpun.

Kabarnya api neraka berwarna hitam dan 70 kali lipat lebih panas dari api di dunia. Api neraka berawal berwarna merah, kemudian terus dibakar hingga berwarna putih dan menjadi hitam.

Rasulullah SAW Bersabda:
“Dari Abu Hurairah, dari Nabi beliau bersabda, ‘Api neraka dibakar selama seribu tahun hingga warnanya merah. Lalu dinyalakan (lagi) seribu tahun hingga warnanya putih. Lalu dinyalakan (lagi) seribu tahun hingga warnanya hitam. Jadi, neraka itu hitam gelap gulita”. (HR. Tirmidzi, juz 9 halaman 165).

Berikut ini adalah tingkatan neraka dan para penghuninya:

1. Neraka Hawiyah.
Neraka ini ada di dasar dan merupakan neraka yang paling dahsyat sisksaannya. Penghuninya adalah orang-orang munafik, orang kafir, termasuk juga keluarga Fir'aun. Selain itu, orang-orang beriman yang ringan timbangannya akan dilemparkan ke dalam neraka ini.

Allah SWT Berfirman:
“Dan barang siapa yang ringan timbangannya, maka dia dilemparkan ke neraka hawiyah. Tahukah engkau apakah Neraka Hawiyah itu? Yaitu api yang sangat panas." (Q.S. Al-Qoriah : 8-11).

2. Neraka Jahim
Neraka ini ada diurutan ke 6 yaitu di atasnya neraka Hawiyah. Di dalamnya ditempati oleh orang-orang musyrik, orang-orang syirik, orang-orang yang meminta ataupun berdoa pada selain Allah SWT.

Allah SWT Berfirman:
"Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat" (QS.Asy-Syu'araa : 91).

3. Neraka Saqar
Neraka saqar ini ada ditingkatan ke 5 yaitu yang terletak di atasnya pintu neraka Jahim. Di dalamnya ditempati orang -orang yang tidak melaksanakan shalat, orang yang berbohong tentang keberadaan Allah SWT, orang yang menyembah selain Allah (berhala, patung).

Allah SWT Berfirman:
“Didalam surga mereka saling bertanya dari hal orang berdosa. Apakah sebabnya kamu masuk neraka Saqar? “Karena kami tidak sholat, kami tidak memberi makan orang miskin, kami percaya pada yang bukan-bukan. Kami mendustakan hari kiamat.” (Q.S. Al-Mudatsir : 40-46).

4. Neraka Ladza
Tingkat neraka ke-4, terletak di atasnya neraka Saqar.
Neraka ladza ini ada di tingkatan ke 4 yaitu yang terletak di atasnya pintu neraka saqar. Di dalamnya ditempati oleh Iblis laknatullah beserta orang-orang yang mengikutinya dan orang-orang yang terbujuk rayuannya dan orang-orang majusi, mereka kekal bersama Iblis di dalamnya.

Allah SWT Berfirman:
“Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak". (QS. Al-Ma'arij : 15).

5. Neraka Huthamah
Neraka hutamah ini ada pada tingkatan 3 yaitu yang terletak di atasnya pintu neraka Ladza. Di dalamnya ditempati oleh orang-orang Yahudi dan para pengikutnya.

Allah SWT Berfirman:

"Dan tahukah kamu, apakah Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan Allah) yang dinyalakan". (QS. Al-Humazah : 5-6).

6. Neraka Sa'ir.
Neraka Sa’ir ini ada pada tingkatan 2 yaitu yang terletak diatasnya pintu neraka Hutamah. Didalamnya ditempati oleh orang-orang yang tidak mau mengeluarkan atau kikir dalam zakat dan sedekah. Mereka yang mengeluarkan tetapi tidak pada porsinya. Dan orang-orang yang memakan harta anak yatim, mereka akan dimsukkan kedalam neraka Sa’ir.

Allah SWT Berfirman:
“Bahwasanya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya, dan nanti mereka akan dimasukkan kedalam neraka Sair.” (Q.S. An-Nisa’ : 10)

7. Neraka Jahanam
Neraka jahannam paling atas (pertama). Pintu neraka ini ditempati oleh kaum muslimin (umat Nabi Muhammad SAW) yang melakukan dosa besar. Hal ini pernah diceritakan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT Berfirman:
"Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut setan) semuanya." (QS. Al-Hijr : 43).

“Peliharalah dirimu dari api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.” (QS. Al-Baqarah: 24).

 

Wallahu A'lam Bishawab

 




Berita Lainnya

Kartu Merah untuk Radikalisme

11/12/2019 19:00 - Indah Pratiwi Budi

Si Dungu Rocky Gerung "Mengaku Faham Pancasila"

11/12/2019 17:29 - Indah Pratiwi Budi

Si Dungu Rocky Gerung "Gagal Pahami Ideologi Pancasila"

09/12/2019 13:10 - Indah Pratiwi Budi

Koruptor dan Penyelundup Itu Tidak Pancasilais

07/12/2019 14:15 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA