Monday, 26 Oct 2020
Temukan Kami di :
Politik

Bawaslu Akan Terus Awasi Meneteri yang Ikut Pileg

Hal tersebut diungkapkan secara langsung oleh Abhan selaku Ketua Bawaslu. Menurut Abhan, pihaknya akan mengawasi sejauh mana para caleg menggunakan fasilitas negara.

Sari Intan Putri Fatimah - 24/07/2018 18:25

Beritacenter.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia diketahui akan mengawasi beberapa menteri di kabinet kerja yang maju sebagai calon legislatif (caleg) untuk DPR RI periode 2019-2024.

Hal tersebut diungkapkan secara langsung oleh Abhan selaku Ketua Bawaslu. Menurut Abhan, pihaknya akan mengawasi sejauh mana para caleg menggunakan fasilitas negara.

"Tentu nanti ada aturan di PKPU maupun di PP. Nantinya sejauh mana batasan itu penyalahgunaan fasilitas negara, fasilitas pemerintah itu ada batasnya," ujar Ketua Bawaslu.

Lebih lanjut Abhan juga menegaskan jika pihaknya akan terus mengawasi seperti apa menteri memakai fasilitas negara selama kampanyenya. Dan nantinya aturan tersebut pasti dimasukan ke dalam Peraturan KPU dan Peraturan Pemerintah.

"Kita akan mengawasi sesuai aturan yang berlaku," ucap Ketua Bawaslu.

Pratikno selaku Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) juga menjelaskan, menteri yang maju di pileg 2019 tidak harus mundur dari jabatannya. Namun, mereka diwajibkan untuk mengajukan cuti saat kampanye.

"Ya sesuai peraturan perundangan kan hanya cuti pada saat kampanye," kata Pratikno.

Berikut tujuh nama menteri Kabinet Kerja yang ikut Pileg 2019.

1. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Jadi caleg PDIP dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah.

2. Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly. Caleg PDIP dari Dapil Sumatera Utara.

3. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Caleg PKB dari Dapil Jakarta Timur, DKI 1.

4. Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Caleg PKB dari Dapil Depok, Jawa Barat 6.

5. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo. Caleg PKB dari Dapil Bengkulu.

6. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Caleg PPP dari Dapil Jabar VI.

7. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur. Caleg PAN dari Dapil Kepulauan Riau.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA