Friday, 20 Sep 2019
Temukan Kami di :
Opini

Rahasia Amalan Ini Jika Dilakukan Pahalanya Akan Terus Mengalir Sampai Hari Kiamat

Indah Pratiwi - 21/07/2018 12:21

Beritacenter.COM - Setiap manusia menginginkan memiliki pahala yang dapat terus mengalir tanpa henti hingga hari kiamat meskipun ia telah mati(wafat). Salah satunya adalah amal Jariyah.

Perlu diketahui, amal jariah merupakan amalan yang pahalanya akan terus mengalir hingga hari kiamat, meskipun orang yang melakukan amalan jariah tersebut telah meninggal dunia atau wafat, Sabtu(21/7).

BACA JUGA :

Rasulullah SAW Bersabda:
"Apabila anak Adam (manusia) wafat, maka terputuslah semua (pahala) amal perbuatannya kecuali tiga macam perbuatan, yaitu sedekah jariah, ilmu yang berman­faat, dan anak saleh yang mendoakannya" (HR. Muslim).

Dalam sebuah riwayat, ada pahala dari amal jariah yang apabila dikerjakan oleh orang meski ia telah wafat akan terus mengalir dan terus bertambah. Diantaranya adalah ilmu yang bermanfaat, memiliki anak sholeh yang ditinggalkan, buku atau karya memimiliki manfaat yang diwariskan, masjid yang dibangun, sungai-sungai yang dibuat untuk kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkan secara ikhlas yang semua itu hanya mengharapkan ridho Allah SWT.

Rasulullah SAW Bersabda:
"Sesungguhnya diantara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya wafat ialah ilmu yang disebar­luaskannya, anak saleh yang ditinggalkannya, mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang dibangunnya untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan. sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya”. (HR. Ibnu Majah).

Allah SWT akan mencatat bentuk amal-amal yang dilakukan oleh hamba-hambaNya dan pengaruh dari amal tersebut. Jika baik maka akan dicatat sebagai kebaikan. Namun, jika buruk maka dicatat sebagai keburukan.

Allah SWT Berfirman:
“Sesungguhnya Kami yang menghidupkan orang mati, Kami catat semua yang telah mereka lakukan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan semuanya kami kumpulkan dalam kitab (catatan amal) yang nyata.” (QS. Yasin: 12)

 

Wallahu A'lam Bishawab

 




Berita Lainnya

Ada Apa Sebenarnya Dengan KPK?

19/09/2019 20:09 - Indah Pratiwi Budi

Polri Hadir Untuk Kepentingan Negara

18/09/2019 17:29 - Indah Pratiwi

Kala Tempo Berubah Jadi Buletin Pegawai KPK

18/09/2019 17:00 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA