Tuesday, 18 Dec 2018
Temukan Kami di :
Investasi

WOW, Sebanyak 1 Kuadriliun Ton Berlian Ditemukan di Bawah Permukaan Bumi

Anas Baidowi - 18/07/2018 19:28

beritacenter.COM - Sebanyak satu kuadriliun Berlian disinyalir berada di 160 km dibawah permukaan bumi. Para ilmuan hanya menunggu waktu untuk mendapatkan 1 kuadriliun atau istilah nominal sepuluh pangkat lima belas atau 1.000 triliun barang berharga tersebut.

Para Ilmuan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), Harvard University dan university of California, memperoleh temuan ini setelah mereka menganalisis catatan seismik melalui gelombang suara.

"Kecepatan suara dalam mencari Berlian dua kali lipat lebih cepat daripada pencarian mineral yang berada di batuan mantel atas Bumi, olivin," kata Ulrich Faul, Peneliti dari MIT.

Olivin merupakan batu mulia berwarna hijau seperti zaitun. Disebut juga dengan peridot atau krisolit.

Faul menjelaskan bahwa timnya menemukan suara bergerak jauh lebih cepat daripada yang diperkirakan dalam bagian-bagian batuan yang dikenal sebagai akar kraton, yaitu area litosfer atau kerak bumi.

Dari hasil penelitian, sekitar 2% bebatuan yang terkandung di kedalaman tersebut kemungkinan terdiri dari intan. Dari sini berarti ada kemungkinan sekitar 2 kuadriliun ton intan yang tersebar di bawah permukaan bumi.

"Ini menunjukkan bahwa Berlian bukanlah mineral eksotis dan langka. Namun, pada skala geologi itu relatif umum," tuturnya.

Tapi, berlian tersebut masih terkubur lebih dari 160 km dibawah permukaan bumi, sehingga tidak mungkin bagi Ilmuwan untuk menggali sedalam itu.

Seperti yang diketahui, pengeboran terdalam yang pernah dikerjakan berada pada kedalaman 12 kilometer, berlokasi di Kola Superdeep Borehole di Rusia.

Kedalaman 12 kilometer membutuhkan waktu menggali sekitar 20 tahun. Apalagi jika harus menggali 160 km. Dan hingga saat ini Ilmuwan belum menemukan teknologi untuk memasuki deposit Berlian bersar-besaran di bawah permukaan bumi ini.

Faul mengaku bukti dari cadangan bawah tanah ini memang tidak berupa fisik. Namun dia menyatakan data yang mereka kumpulkan itu adalah penjelasan yang masuk akal.




Berita Lainnya

Tips Terhindar dari Investasi Bodong

10/12/2018 14:04 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA