Thursday, 18 Oct 2018
Temukan Kami di :
Nasional

BKN Blokir Data Ratusan PNS Yang Terlibat Korupsi

Indah Pratiwi - 17/07/2018 12:32

Beritacenter.COM - Aparatur Sipil Negara(ASN) yang terlibat korupsi akan ditindak tegas oleh Badan Kepegawaian Nasional(BKN) yang akan memblokir data kepegawaian terhadap para ASN, Selasa(17/7).

"Sebanyak 188 merupakan data kondisi sampai Juni 2018. Bajk yang telah ditetapkan dalam keputusan hukuman tetap dan belum diberhentikan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansinya," kata Kepala Biro (Karo) Humas BKN Mohammad Ridwan di Jakarta.

Pemblokiran data, kata dia, akan mengurangi kerugian negara yang dapat diminimalisir. Pasalnya ASN yang terbukti korupsi tidak lagi mendapatkan hak keuangannya sehingga negara tidak akan membayar gajinya.

"Ini untuk mencegah ASN yang terbukti korupsi tidak dibayar negara," ujarnya.

Pemblokiran juga dilakukan atas laporan yang disampaikan PPK instansi kepada BKN melalui Kedeputian Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian. Oleh itu, BKN memberikan apresiasi PPK instansi yang memiliki komitmen bersama menuntaskan kasus ASN Tipikor dan mencegah terjadinya kerugian negara.

Apabila ada ASN yang terbukti melakukan tipikor, pengawasan bersama akan ditindaklanjuti oleh BKN dan KPK. Upaya bersama dilakukan berkat kerja sama BKN dengan KPK.

"Sebelumnya BKN telah melayangkan imbauan kepada seluruh PPK instansi pusat dan daerah melalui Surat Kepala BKN Nomor K 26-30/ V 55-5 / 99 tanggal 17 April 2018 perihal Koordinasi Bersama Terkait Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian," jelasnya.

 

 




Berita Lainnya

Upah Minimum Bakal Naik Jadi 8,03 Persen

17/10/2018 08:02 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA