Wednesday, 17 Oct 2018
Temukan Kami di :
Investasi

Begini Gambaran Kelanjutan Nasib Maskapai Merpati Airlines Milik Pemerintah

Indah Pratiwi - 16/07/2018 16:22

Beritacenter.COM - Maskapai milik Plat Merah PT Merpati Nusantara Airlines(Persero) kini terlilit utang hingga mencapai Rp10,7 triliun yang membuat pelayanannya telah tutup sejak 30 Januari 2014.

Menurut Direktur Perusahaan Pengelola Aset, Henry Sihotang bahwa nasib maskapai Merpati kini akan dijual ke investor lokal yang pernah berbisnis di dunia sektor penerbangan. Namun, hal ini masih dirahasiakan.

"Ada yang masuk dari swasta mungkin dia afiliasi juga karena belum ditetapkan. Namanya enggak usah kita disclose gitu. Dia pernah ada punya maskapai, sekarang ini tidak. Tapi dia bekerja sama dengan investor dari luar untuk pendanaan sama untuk yang supplier pesawat. Jadi dia kerja sama dengan pihak lain untuk pesawat yang mau masuk dan pendanaan," ujar dia di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (16/7/2018).

Maskapai Merpati yang memiliki utang mencapai Rp10,7 triliun akan dijual dan rencananya dibeli oleh investor lokal yang tentunya membantu maskapai tersebut akan kembali mengudara di Indonesia.

"Sementara ini angkanya cukup besar. Apakah ini terjadi, makanya kita enggak sebut dulu, karena masih dalam pembahasan. Pastinya cukup besar. Sementara ini niatnya mereka," kata dia.

Saat ini, kata dia, nasib Merpati masih dalam penundaan kewajiban pembayaran utang. Jika nantinya ada yang membeli, maka investor harus menyampaikan proposal rencana pengembangan Merpati sebelum 3 November 2018.

"Kalau memang ini terjadi potensi masih ada, tapi apakah akan ini terjadi kita lihat lah. Kan UU membatasi sampai 270 hari atau sampai November tanggal 3. (Nasib Merpati ditentukan November?) Iya masih bisa jalan atau tidak bisa lebih awal atau enggak. Sampai nanti diputus kita harus lapor ke DPR apakah mereka sepakat karena ini kan milik negara," jelas dia.

 




Berita Lainnya

Korea Selatan Sepakat Berinvestasi di Indonesia

12/09/2018 12:15 - Indah Pratiwi

Rumah DP 0 Persen Akan Dibangun di Daerah Ini

30/08/2018 12:01 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA