Wednesday, 14 Nov 2018
Temukan Kami di :
Opini

Ternyata Ada Bodyguard Yang Tak Terlihat Menjaga Manusia

Indah Pratiwi - 11/07/2018 20:10 ILUSTRASI

Beritacenter.COM - Sejak manusia berada di dalam rahim atau kandungan, rupanya ada malaikat yang menyertainya. Malaikat-malaikat Allah SWT rupanya memang telah diutus untuk menjaga para manusia, Rabu(11/7).

Dalam hadits, Rasulullah SAW Bersabda:
"Allah mengutus seorang malaikat untuk rahim, lalu beliau mengatakan, ‘Ya Allah, ini nutfah.’ ‘Ya Allah, ini segumpal darah.’ ‘Ya Allah, ini segumpal daging.’ Ketika Allah hendak menyelesaikan penciptaannya, beliau bertanya, ‘Ya Allah, lelaki atau perempuan? Apakah dia orang yang celaka atau bahagia? Bagaimana rizkinya? Bagaimana ajalnya?’ akhirnya ditetapkan untuknya semua ketetapan itu di perut ibunya". (HR. Bukhari 6595 dan Muslim 2646)

Baca Juga :

Selain itu, Allah SWT rupanya juga mengutus malaikat-malaikatnya untuk menjaga manusia secara bergiliran atau bergantian. Malaikat tersebut diketahui mempunyai sebutan Mu'aqibat yang artinya silih berganti. Mereka akan menjaga manusia yang datang dan pergi baik di waktu siang dan malam, Rabu(11/7).

Allah SWT Berfirman:
"Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia". (QS. Ar-Ra’d: 11)

Menurut Al Hafidz Ibnu Katsir menerangkan dari hadist Abu Hurairah RA. bahwa malaikat-malaikat Allah SWT akan menjaga manusia silih berganti pada waktu malam dan siang. Mereka diperintahkan menjaga manusia dari bahaya yang menimpa serta gangguan. Sedangkan, sebagian malaikat lain menjaga perbuatan amal manusia baik dan buruk.

Dalam riwayat Ibnu Katsir, ada dua malaikat yang menjaga amal baik dan buruk manusia. Malaikat yang dikanan menjaga amal baik, sedangkan malaikat yang dikiri menjaga amal buruk manusia. Sementara malaikat Allah SWT lainnya menjaga manusia, satu di depan dan satu di belakang.

"Dua di kanan dan di kiri, mereka mencatat setiap amal. Yang di kanan mencatat amal baik dan di kiri mencatat amal buruk. Sementara dua malaikat lainnya menjaga. Satu di depan dan satu di belakang. Sehingga jumlahnya ada 4 malaikat siang dan 4 malaikat lainnya di malam hari". (Tafsir Ibnu Katsir, 4/437).

Selain itu, sangat dianjurkan setiap orang-orang beriman selalu berdoa bermohon kepada Allah SWT agar selalu dilindungi, sehingga Allah memberikan keamanan dan perlindungan kepada hamba-hamba yang bermohon kepadaNya.

 

Wallahu'alam Bishawab

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA