Wednesday, 14 Nov 2018
Temukan Kami di :
Kesehatan

Hati-hati Dengan Tanda-tanda Penyakit Ini, Mungkin Anda Terkena "Sipilis"

Indah Pratiwi - 11/07/2018 16:03 Tanda Tanda Terkena Penyakit Sipilis

FOKUS : Kesehatan

Beritacenter.COM - Seseorang dapat tertular penyakit ini dari berbagai sumber seperti hubungan seksual atau kontak seksual vaginal, oral dan anal, melalui darah atau bergantian menggunakan jarum suntik dan produk darah yang tercemar.

Terdapat beberapa tahapan jika seseorang sudah tertular penyakit sipilis. Tahapan tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Stadium Awal

jika seseorang sudah tertular, pada stadium ini maka akan timbul suatu lesi atau luka pada alat kelamin atau sekitar mulut yang mempunyai ciri yang tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Pada umumnya luka ini bersifat seperti gigitan serangga, teraba keras dan berwarna merah.

Baca Juga :

Luka ini akan timbul hanya beberapa saja dan bisa terhitung. Selain itu, luka yang ada akan bertahan sekitar satu atau dua bulan dan akan sembuh dengan sendirinya. Namun pada tahap ini, jika seseorang melakukan hubungan seksual dapat menularkan infeksi dengan sangat cepat.

2. Stadium Kedua

Pada tahap ini, penderita akan mulai mengalami ruam-ruam berwarna merah atau bercak kemerahan di kulit dan biasanya akan muncul di telapak tangan, kaki serta di sekitar wajah, timbul kutil disekitar kelamin, timbul bercak keputihan yang menebal di sekitar dasar mulut atau lidah dan di kepala akan mengalami kebotakan akibat dari kerontokan rambut dengan ciri bagian tepinya bergerigi.

Proses ini akan berlangsung kurang lebih sekitar 4 sampai 10 minggu. Gejala lain yang mengikuti yaitu demam, flu, pegal-pegal, radang tenggorokan dan tidak nafsu makan. Jika tidak diobati, pada stadium ini juga dapat menyerang jaringan otot, tulang, jantung dan saraf di dalam tubuh. Jika diobati, luka tersebut akan sembuh namun meninggalkan bekas berupa bercak putih di kulit dan disebut dengan Lekoderma Sifilitika.

3. Stadium Tiga

Stadium tiga pada penyakit sipilis juga dinamakan dengan sipilis laten. Dimana semua gejala akan hilang dan tidak menimbulkan gejala lagi. Namun bakteri tersebut sudah menyebar dan bersarang pada organ dalam tubuh dan akan terus berkembangbiak. Jika tidak diobati, bakteri tersebut akan bertahan selama dua tahun hingga berlanjut ketahap berikutnya.

4. Stadium Empat

Stadium empat merupakan stadium paling akhir dan juga dinamakan dengan sipilis Tersier. Pada tahapan ini, bakteri sudah menyebar keseluruh tubuh dan semua organ inti seperti otak, batang otak, jantung dan tulang. Efek yang akan dirasakan penderita yaitu seperti gangguan masalah pendengaran, kebutaan, kelumpuhan, impotensi, demensia dan kematian.




Berita Lainnya

Begini Cara Netralisir Rasa Pedas di Lidah

13/11/2018 16:29 - Fani Fadillah
Kemukakan Pendapat


BOLA