Friday, 21 Sep 2018
Temukan Kami di :
Bisnis

Ribuan Karyawan di Karawang Terkena PHK Massal

Indah Pratiwi - 07/07/2018 12:29

Beritacenter.COM - Ada sekitar dua ribu karyawan lebih pada sebuah perusahaan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mendapat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari pihak manajemen perusahaan.

Berdasarkan laporan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang memberitahukan PHK itu terpaksa dilakukan dalam rangka mempertahankan hidup perusahaan yang mulai kembang kempis akibat biaya upah yang tinggi di kabupaten Kerawang, Sabtu(7/7).

Pabrik yang bergerak di industri sepatu ini mengaku berat melaksanakan keputusan pemerintah terkait UMK (upah minimum kabupaten) yang sangat tinggi sehingga terpaksa melakukan efesiensi dengan melakukan PHK massal.

Menurut Kepala Disnakertrans Karawang Ahmad Suroto mengaku sudah menerima surat pemberitahuan dari manajemen perusahaan terkait PHK yang dilakukan perusahaan dalam rangka penghematan agar tidak terjadi kebangkrutan sehingga beberapa karyawan bisa diselamatkan.

"Kami tentunya menyesalkan PHK ini, namun memang kondisinya sangat sulit untuk dicarikan solusinya selain melakukan PHK. UMK Kabupaten Karawang yang tertinggi secara nasional mulai dirasakan dampaknya dengan banyaknya PHK dan juga banyak perusahaan yang hengkang," ujarnya.

Pemerintah Daerah Karawang sudah berusaha terjadinya adanya PHK dengan memberikan berbagai kemudahan, namun hal tersebut tidak bisa menutupi beban biaya tinggi perusahaan akibat UMK.

"Sudah kita upayakan tapi memang kondisinya sangat sulit karena UMK di Karawang ini memang menjadi beban bagi perusahaan di sektor TSK. Harus ada regulasi dari pemerintah pusat atau kementerian tenaga kerja yang melindungi sektor TSK. Sekarang saja sudah sekitar 40 ribu karyawan yang di-PHK dari tahun 2017 hingga Mei 2018 ini,"tutupnya.




Berita Lainnya

Para Pengusaha China Lari Tinggalkan Negaranya

15/09/2018 09:01 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA