Wednesday, 14 Nov 2018
Temukan Kami di :
News

Pasca Ledakan Bom Pasuran, Kapolri: Bom Meledak Akibat Dimainkan Anak Pelaku

Dewi Sari - 06/07/2018 15:45

Beritacenter.COM - Pasca terjadinya ledakan bom di Pasuran, Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian mengatakan bahwa bom tersebut meledak sendiri akibat dimainkan oleh anak pelaku.

"Ini peristiwa bukan serangan bom, tolong, bukan serangan teror, bukan. Tapi bom ini tadinya rencananya oleh kelompok ini digunakan untuk menyerang TPS-TPS pada saat Pilkada," katanya usai mendampingi Presiden Joko Widodo di ICE BSD, Tangerang, Jumat (6/7/2018).

Mantan Kapolda Metro tersebut mengatakan perbedaan pendapt dalam internal kelompok tersebut hingga akhirnya bom itu tidak digunakan dan disimpan dikontrakan Abdullah beserta istri dan anaknya. Hingga akhirnya bom tersebut di main mainkan oleh anaknya kemudian meledak sendiri.

"Karena memang kita melakukan operasi besar, 138 orang tertangkap setelah bom Surabaya, dan kemudian kita melakukan pengejaran-pengejaran kepada mereka. Tekanan-tekanan ini membuat kelompok ini ragu-ragu. Jadi rencana kelompok Abdullah ini untuk melakukan enggak jadi, ada yang bilang oke ada yang bilang tidak. Meledaknya bom ini karena sedang dimain-mainkan oleh anaknya," imbuhnya.

Baca Juga :

Hingga akhirnya bom itu meledak dan melukai anaknya sendiri hingga harus dilarikan ke rumah sakit, sedangkan sang ayah melarikan diri. Tito menyebutkan bahwa bom tersebut termasuk katagori Low Eksplosive atau berdaya ledak rendah seperti yang digunakan oleh nelayan untuk menangkap ikan.

"Jenis bomnya jangan dibesar-besarkan, ini adalah low eksplosive seperti bahan mercon, tapi yang sering digunakan untuk bom ikan. Tapi kadang-kadang dipakai oleh kelompok teror ini," ungkap Tito.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA