Friday, 26 Apr 2019
Temukan Kami di :
Gadget

Alasan Baterai Smartphone Cepat Habis Ternyata Ada Pencurian Data

Indah Pratiwi - 06/07/2018 07:07

Beritacenter.COM - Semua orang yang menggunakan smartphone Android memang tampaknya harus ekstra waspada. Pasalnya, ada banyak aplikasi yang salah satunya aplikasi penghemat baterai telepon karena daya tarik sebenarnya adalah trik untuk mencuri data pribadi Anda.

Dilansir Dailymail, menurut para peneliti dan ahli pakar keamanan telah menemukan adanya indikasi aplikasi Penghemat Baterai Tingkat Lanjut yang dapat diunggah di Google Play Store dapat mengakses lokasi, nomor telepon, dan pesan pemilik telepon, Jumat(6/7).

Aplikasi tersebut sengaja diciptakan untuk melakukan peretasan mencuri rincian pembayaran Anda dan bahkan berpotensi mengancam korban.

Salah satu pengembang aplikasi keamanan komputer, RiskIQ yang berbasis di San Francisco, adalah pihak pertama yang mengungkapkan keprihatinan mereka tentang penipuan tersebut yang telah memakan hingga puluhan ribu korban.

Malware dan spyaware itu dirancang untuk pesan pop-up yang muncul ketika berselancar di internet memperingatkan bahwa pembersihan diperlukan untuk memori telepon untuk menghindari masalah kapasitas baterai berkurang.

Korban yang terjebak, menekan tombol instalasi pada aplikasi pembersihan yang disarankan popup, pengguna akan terhubung langsung ke Google Play Store untuk mengunduh malware yang sudah sengaja dirancang rapi.

Oleh itu, ia menghimbau kepada para pengguna smartphone perlunya menghapus aplikasi dan menggunakan perangkat lunak antivirus pada perangkat Android untuk menghindari efek buruk untuk menghindari penipu melalui klik pada iklan.




Berita Lainnya

Nokia 8.1 Akan Segera Rilis di Dubai

17/11/2018 11:40 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA