Wednesday, 08 Jul 2020
Temukan Kami di :
Internasional

Situasi Mulai Panas, Jepang Utus Kapal Induk ke LCS

Indah Pratiwi - 05/07/2018 11:02

Beritacenter.COM - Pengiriman Kapal Induk Jepang yang mengangkut puluhan helikopter militer yang akan diberangkatkan ke kawasan yang disengketakan yakni Laut China Selatan(LCS). Dalam misi tersebut, sebelum ke LCS, kapal induk Jepang akan sambangi terlebih dahulu ke sejumlah negara Asia Tenggara.

Dilansir Reuters, kebijakan Jepang ini membuat pihak Tiongkok marah lantaran Jepang melakukan pengiriman kapal induk ke LCS dengan membawa armada militer tempur bersenjata lengkap.

Kapal induk Jepang yang bernama Kaga memiliki panjang 248 dan akan melakukan perjalanan misi panjang ke LCS yang sebelumnya akan bersandar di perairan Indonesia.

"Ini adalah bagian dari upaya Jepang untuk mempromosikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata salah satu pejabat, yang dilansir Kamis (5/7/2018).

Dalam operasi tersebut, sebanyak puluhan helikopter tempur mampu melakukan operasi bersamaan yang akan didampingi kapal-kapal perang. Kapal Induk yang bernama Kaga akan bersinggah terlebih dahulu mulai dari India, Sri Lanka kemudian Indonesia yang dilanjutkan di tempatkan di Laut China Selatan(LCS).

Alasan Jepang mengirimkan kapal induk bersama armada militernya lantaran kawasan LCS merupakan rute utama perdagangan dunia. Sehingga, bagi Jepang hal itu sangat penting bagi banyak negara, termasuk AS bersama sekutu Jepang untuk melintasi kawasan yang menjadi pusat perhatian bisnis dunia.

Bukan pemerintah Jepang saja yang mengutus kapal induknya. Militer Amerika Serikat(AS) sendiri telah menempatkan kehadiran militernya di Laut China Selatan tahun lalu untuk menjamin kebebasan navigasi dari ancman China atau Tiongkok.

 

 




Berita Lainnya

Pemerintah Prancis Terancam Bubar

03/07/2020 17:48 - Indah Pratiwi

India Ngamuk Ancam China Dengan Rudal

30/06/2020 17:04 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA