Wednesday, 27 Jan 2021
Temukan Kami di :
Peristiwa

Hujan Abu Vulkanik Gunung Agung, Bandara Jember Kembali Ditutup

Dewi Sari - 03/07/2018 17:25

Beritacenter.COM - Gunung Agung di Bali kembali mengeluarkan semburan abu vulkanik Selasa (3/7/2018). Akibatnya, Bandara Notohadinegoro di Kabupaten Jember, Jawa Timur, kembali ditutup dikarenakan jarak pandang terhalang abu vulkanik.

"Hari ini ditutup dari jam tujuh pagi sampai tiga sore. Kami sudah melakukan pengujian paper test, ternyata ada abu yang turun di bandara Jember," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Bandara Notohadinegoro Edi Purnomo.

Saat ini, sejumlah mobil pemadam kebakaran juga dikerahkan untuk melakukan uji terhadap ketebalan abu di permukaan landasan pacu.

"Dengan cara berlari kencang dan abunya banyak tersingkap. Hasilnya (abu) lumayan tebal," kata Edi.

Gunung Agung sempat mengalami erupsi pada Rabu (27/6/2018) malam. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jember Widi Prasetyo mengatakan, pembagian masker gratis kepada warga terus dilakukan. "Harapan kami, setiap keluar rumah, warga menggunakan masker," katanya.

"Kalau abu vulkanik masuk ke mata sangat berbahaya. Tidak boleh dikucek, karena bisa merusak kornea mata. Selain itu jika masuk ke saluran pernapasan juga tidak baik," kaya Widi. BPBD Jember menunggu surat dari BPBD Provinsi Jawa Timur jika memang dibutuhkan ke Bali.




Berita Lainnya

Kupang Diguncang Gempa 4,9 Magnitudo

27/01/2021 11:10 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA