Wednesday, 17 Oct 2018
Temukan Kami di :
Internasional

China Mulai Galak Belain Korut Terkait Sanksi Nuklir

Indah Pratiwi - 12/06/2018 20:15

 Beritacenter.COM - Pemerintah China mendesak Amerika Serikat (AS) harus mencabut sanksi terhadap Korea Utara (Korut), setelah suksesnya pertemuan antara Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura.

China sendiri telah mendalangi AS di PBB terhadap Korut menyusul uji coba nuklir dan rudal Pyongyang, tetapi selalu mengatakan sanksi harus disertai dengan pembicaraan untuk resolusi politik. Cina adalah pendukung ekonomi dan diplomatik Korut.

Pihak Beijing pun minta bersama di akhir pertemuan bersejarah mereka di Singapura untuk menyepakati perjanjian. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang menegaskan bahwa China selalu secara ketat mematuhi semua resolusi PBB tentang Korut.

Akibat resolusi PBB, Korut mengubah sikapnya terkait sanksi agar bisa dicabut. Oleh karena itu, dia meminta AS untuk segera mempertimbangkan pencabutan sanksi terhadap Korut.

"Resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB yang telah disahkan mengatakan bahwa jika Korut menghormati dan bertindak sesuai dengan resolusi, maka langkah-langkah sanksi dapat disesuaikan, termasuk untuk menghentikan sementara atau menghapus sanksi yang relevan," kata Geng, seperti dilansir Reuters pada Selasa (12/6/2018).

"China telah secara konsisten menyatakan bahwa sanksi bukanlah tujuan akhir. Tindakan DK harus mendukung dan menyesuaikan dengan upaya diplomatik saat ini mengenai denuklirisasi Semenanjung Korea, dan mempromosikan solusi politik untuk semenanjung," ungkapnya.




Berita Lainnya

Sosok Donald Trump di Mata Masyarakat Palestina

17/10/2018 11:51 - Sari Intan Putri

Pernyataan Arab Saudi Terkait Kematian Khashoggi

16/10/2018 12:48 - Sari Intan Putri
Kemukakan Pendapat


BOLA