Wednesday, 17 Oct 2018
Temukan Kami di :
Ekonomi

7 Kampus Negeri Ini Disebut Terpapar Radikalisme

Adam Khan - 07/06/2018 13:38

BeritaCenter.com - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut ada sejumlah universitas negeri terkenal di Indonesia yang terpapar paham radikal.

Nama-nama kampus terkenal seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (UB) disebut BNPT terpapar radikalisme seperti dikutip dari peryataan Menristekdikti Mohamad Nasir di Jakarta, Kamis (31/5).

M Nasir menegaskan kabar yang menyeret tujuh kampus itu hanya persepsi dari hasil penelitian. Perlu dikaji lebih mendalam.

"Ini hanya dugaan. Saya tanyakan mana orangnya itu saya minta ditindaklanjuti. Saya sudah koordinasi saya minta untuk siapa saja yang terlibat di dalamnya. Itu kan hanya penelitian, samplingnya di situ letaknya, men-judge gitu. Itu hanya persepsi, pendapat," kata Nasir di sela seminar revolusi mental 'Program Penguatan Kapasitas Pemimpin Indonesia' di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (7/6/2018).

Terkait dengan hal itu, Nasir akan memanggil semua rektor universitas negeri yang disebut itu setelah libur Lebaran.

"Maka tanggal 25 (Juni) nanti saya akan kumpulkan semua rektor perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia untuk menyikapi radikalisme di dalam kampus," kata Nasir.

Dia akan meminta universitas-universitas negeri memperbaiki kurikulum. Nasir juga meminta rektor universitas mendata seluruh mahasiswa, staf, serta dosen yang terpapar paham radikal.

"Kurikulum kami perbaiki. Rektor saya minta mendata semua pegawai, dosen, dan mahasiswa mana yang terpapar radikalisme. Sebelum ditindak, ditanya dia mau kembali lagi atau tidak ke NKRI," jelas dia.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA