Saturday, 11 Apr 2020
Temukan Kami di :
Opini

Ngeri! Inilah Ancaman Allah SWT Bagi Para Penunggak Hutang

Fani Fadillah - 31/05/2018 16:16 Ilustrasi

Beritacenter.COM - Banyaknya kebutuhan hidup seseorang seringkali membuat pengeluaran tak sebanding dengan pemasukan, alhasil berhutang pun menjadi solusi. Bahkan sebagian masyarakat berhutang sudah menjadi suatu kebiasaan.

Pada zaman sekarang, hutang yang awalnya hanya menjadi pilihan alternatif kini berubah menjadi gaya hidup. Sebagian orang lebih suka berhutang untuk membeli suatu barang ketimbang menabung terlebih dahulu.

Dalam Islam sendiri, berhutang memang dibolehkan, akan tetapi ada adabnya. Berhutang tak boleh dijadikan kebiasaan dan ada bahaya yang terkandung dibalik hutang dalam ajaran Islam.

Bahaya pertama, utang menjadi penghalang seseorang masuk surga. Meskipun sudah mati, utang tetap harus dilunasi.

Dalam hadis riwayat Tirmidzi dari Tsauban, Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

" Barang siapa yang mati sedangkan dia berlepas diri dari tiga hal, yaitu kesombongan, ghuluul (mencuri harta rampasan perang sebelum dibagikan) dan utang, maka dia akan masuk surga."

Bahaya kedua, dosa jadi tidak terampuni sampai utang lunas dibayar. Dalam hadis riwayat Muslim dari Abu Qatadah RA.

" Seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW, 'Bagaimana menurutmu jika aku terbunuh di jalan Allah, apakah dosa-dosaku akan diampuni?' Beliau pun menjawab, 'Ya, dengan syarat engkau sabar, mengharapkan ganjarannya, maju berperang dan tidak melarikan diri, kecuali utang. Sesungguhnya Jibril AS baru memberitahuku hal tersebut'."

Bahaya berikutnya, utang bisa membuat seseorang jadi tidak jujur. Hal ini dijelaskan dalam hadis riwayat Bukhari.

Rasulullah SAW bersabda, 'Ya Tuhanku! Aku berlindung diri kepadaMu dari berbuat dosa dan utang.' Kemudian ia ditanya, 'Mengapa engkau banyak minta perlindungan dari utang, ya Rasulullah?' Ia menjawab, 'Karena seseorang kalau berutang, apabila berbicara berdusta dan apabila berjanji menyalahi'."

Baca selengkapnya disini...




Berita Lainnya

Kami Tetap Bersamamu "JOKO WIDODO"

09/04/2020 11:37 - Indah Pratiwi Budi

Melawan Pandemi

08/04/2020 16:20 - Indah Pratiwi Budi

Indonesia Dimusuhi (Pengkhianat) Bangsa

08/04/2020 13:00 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA