Sunday, 24 Feb 2019
Temukan Kami di :
Gadget

Keren, Di Masa Depan Smartphone Akan Memiliki Hidung Secara Elektronik

Indah Pratiwi - 31/05/2018 04:08

Beritacenter.COM - Smartphone pada masa depan nantinya dikabarkan akan memiliki hidung untuk mendeteksi aroma. Para peneliti kini sedang mengembangkan fitur yang diketahui bernama Smell Detect.

Smell Detect nantinya mampu mencium aroma layaknya hidung manusia yang akan dipasang pada smartphone.

Menurut peneliti Martin Sommer Ketua Peneliti dari Karlsruhe Institute of Technology(KIT) mengatakan bahwa hidung elektronik ini nantinya mempunyai fungsi yang penciumannya mirip dengan hidung manusia.

"Hidung elektronik ini bakal memiliki fungsi mirip dengan hidung manusia. Nano fibers yang dipakai untuk membuat hidung ini bakal bereaksi terhadap gas. Ia menghasilkan pola sinyal untuk mengidentifikasi aroma tertentu yang bisa dibaca oleh smartphone," jelas Martin Sommer seperti dikutip dari Digital Trends, Rabu (30/5/2018).

Dengan ukuran hidung yang sangat kecil ini akan disematkan pada smartphone di masa depan. Namun, sayangnya para peneliti kini sedang mengembangkan teknologi tersebut untuk menentukan aroma-aroma meski setiap aroma sering mengalami perubahan.

"Satu hal yang menjadi kesulitan kami adalah menentukan aroma. Sebab, faktanya aroma tidak selalu sama. Misalnya, aroma mawar di musim panas dan musim hujan jelas berbeda. Kini, kami tengah melatih hidung elektronik untuk penggunaan tertentu yang bisa dipilih secara universal," tutup Martin Sommer.




Berita Lainnya

Nokia 8.1 Akan Segera Rilis di Dubai

17/11/2018 11:40 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA