Wednesday, 27 Jan 2021
Temukan Kami di :
Keuangan

Bank Indonesia Resmi Memiliki Gubernur BI Baru

Indah Pratiwi - 24/05/2018 11:05 (Kiri) Gubernur BI Perry Warjiyo

Beritacenter.COM - Gubernur Bank Indonesia(BI)Perry Warjiyo resmi dilantik oleh Mahkamah Agung(MA) untuk periode 2018-2023. Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua MA RI Muhammad Hatta Ali di Gedung MA RI.

Menurut Ketua MA Hatta Ali  mengatakan bahwa Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 70/P2018.

"Sebelum memangku jabatan Gubenur BI wajib mengucapkan sumpah jabatan. Apakah anda bersedia mengucapkan sumpah jabatan menurut agama dan kepercayaan anda?" kata Hatta Ali saat melantik di Gedung MA RI, Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Oleh karena itu, kata dia, untuk mengucapkan sumpah jabatan sebagai Gubernur BI. Kemudian ia menerima naskah sumpah jabatan dari Mahkamah Agung dan rohaniwan pun mendekatkan Al-Qur'an kepada Perry.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Gubernur BI langsung atau tidak langsung dengan nama dan dari apa pun tidak menjanjikan atau memberikan sesuatu kepada siapa pun juga. Saya bersumpah dalam melakukan apa pun dalam jabatan ini langsung atau tidak langsung ataupun janji dalam bentuk apa pun. Saya bersumpah untuk melaksanakan kewajiban Gubernur BI sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Saya bersumpah akan bertanggung jawab sesuai konstitusi dan haluan negara," ucap Perry.

Kini, Perry resmi menggantikan Agus Martowardojo yang selesai masa tugasnya pada 23 Mei 2018.

Dalam rekam jejak Perry Warjiyo ia lahir di Sukoharjo pada 1959. Ia dinilai sebagai kandidat yang kompeten lantaran mengingat panjangnya jejak karier yang telah dilalui di BI. Menurut beberapa pihak, kursi tertinggi di bank sentral Indonesia ini memang memerlukan kandidat yang berasal dari internal BI.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA