Wednesday, 27 Jan 2021
Temukan Kami di :
Peristiwa

Merapi Meletus Lagi, 15 Desa Mengalami Hujan Abu

Indah Pratiwi - 24/05/2018 10:44

Beritacenter.COM - Letusan Gunung Merapi terjadi selama 4 menit pada pukul 02.56 dengan membuat ketinggian kolom abu vulkanik hingga mencapai 6 km yang bertiup ke barat yang berimbas kepada rumah warga.

Hujan abu vulkanik turun di 15 daerah diantaranya Tegalrandu, Sumber, Dukun, Ngadipuro, Banyubiru, Muntilan, Kota Mungkid, Menayu, Kalibening, Borobudur, Salaman, Tempuran, Sedayu, Sawangan, dan Mungkid, Kamis(24/5/2018).

Adapun yang terkena imbas abu vulkanik adalah kecamatan Dukun. Namun, warga belum diperintahkan untuk mengungsi. Hanya beberapa warga telah melakukan pengungsian.

Menurut Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Kristian mengatakan hingga saat ini masih terdengar suara gemuruh dari pos pengamatan Selo. Dari tempat tersebut juga terlihat kepulan asap dan pijar visual berwarna merah di belakang awan mendung di daerah kawasan.

“Hingga saat ini, status Merapi masih waspada. Gunakan masker dan kaca mata untuk antisipasi saat beraktivitas di luar ruangan. Pantau terus perkembangan aktivitas Gunung Merapi melalui berita dan sumber informasi terpercaya (BPPTKG, BMKG, BNPB, BPBD),” ucapnya.




Berita Lainnya

Kupang Diguncang Gempa 4,9 Magnitudo

27/01/2021 11:10 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat


BOLA