Friday, 10 Jul 2020
Temukan Kami di :
Kesehatan

Jauhkan 7 Makanan ini Jika Tidak Ingin Bau Badan

Dewi Sari - 23/05/2018 10:29

Beritacenter.COM - Aroma bau badan biasanya disebabkan oleh keringat yang keluar pada tubuh kita. Biasanya keluar keringat disebabkan udara yang panas. Tapi Keringat sendiri tidak menyebabkan bau.

Aroma bau badan disebabkan keluarnya keringat yang menempel pada permukaan kulit dan terkombinasi dengan bakteri yang ada.

Selain keringat, bau badan juga bisa disebabkan faktor mengkonsumsi makanan dengan elemen senyawa tertentu secara drastis.

Parahnya lagi, beberapa makanan penyebab bau badan menyengat ini digolongkan ke dalam kelompok makanan sehat. Untungnya, bau badan akibat makanan sifatnya sementara.

"Butuh waktu dua jam bagi tubuh sebelum mulai bau. Dan hal ini bisa bertahan selama beberapa jam," ujar Debra Jailmain, dermatolog dan penulis buku Skin Rules: Trade Secrets From a Top Dermatologist.

Berikut 7 Faktor makanan yang dapat menyebabkan bau badan tidak enak

Daging merah

Karena daging butuh waktu lama untuk dicerna, maka ia biasanya menyisakan residu di pencernaan. Sisa ini yang akan dilepaskan bersama keringat, bereaksi dengan bakteri dan menimbulkan bau tak sedap.

Alkohol

Minuman keras jika diserap oleh tubuh maka berubah menjadi asam asetik. Zat ini jika dikeluarkan bersama keringat maka menimbulkan bau yang khas. Tak heran jika pemabuk umumnya memiliki bau badan yang kurang sedap.

Sayur jenis curciferous

Ini adalah jenis sayuran yang akan menimbulkan gas dalam pencernaan jika dikonsumsi, juga mengandung belerang. Misalnya adalah brokoli, lobak, brussel sprout, dan kembang kol.

Ikan

Aroma amis pada ikan disebabkan oleh zat bernama kolin. Zat ini juga bisa membuat Anda menjadi beraroma amis karena senyawa bernama trimethylamine tidak dicerna secara tuntas.

Diet rendah karbo

Jika Anda sedang menerapkan diet rendah karbohidrat, maka tubuh akan memproduksi keton untuk mencari alternatif pengganti kekurangan karbo. Salah satu jenis keton adalah aceton, yang menghasilkan aroma menyengat. Ia bisa dicium melalui napas seseorang.

Bawang

Berbagai jenis bawang mengandung belerang, yang memicu bau tubuh menjadi tajam.

Junk food

Makanan cepat saji juga turut andil dalam memperburuk aroma tubuh Anda. Ini karena kandungan kolesterol tubuh yang meningkat usai memakannya. Selain itu, junk food juga tak mengandung klorofil. Padahal klorofil bisa mengusir pemicu bau busuk pada tubuh

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA