Friday, 22 Jun 2018
Temukan Kami di :
Opini

Dibalik Rahasia Yang Tersimpan Pada Malam Lailatul Qadar

Indah Pratiwi - 22/05/2018 14:14

Beritacenter.COM - Bulan Ramadhan yang luar biasa mulia ini sangatlah istimewa karena di dalamnya terdapat beberapa malam yang luar biasa diantaranya malam Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qadar. Malam Nuzulul Qur'an sendiri jatuh di setiap 17 Ramadhan.

Selain itu, berbicara soal malam Lailatul Qadar sendiri, di dalam Al Qur'an sendiri dijelaskan malam Lailatul Qadar adalah lebih baik dari pada 1.000 bulan, Selasa(22/5).

Baca Juga :

Allah SWT Berfirman: 

“Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur’an pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu ? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turunlah melaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala usrusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar”.(Al-Qadar : 1-5)

Rasulullah SAW Bersabda:
"Nabi Muhammad SAW ketika memasuki sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan memilih fokus beribadah, mengisi malamnya dengan dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut beribadah. (HR Al-Bukhari)

"Barangsiapa qiyamullail pada lailatul qadar karena iman dan mengharapkan perhitungan (pahala), diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhari dan Muslim)

Mencari malam Lailatul Qadar merupakan anjuran oleh Rasulullah SAW kepada umatnya agar mendapatkan malam yang mulia itu. Karena banyak manfaat dan juga bisa mendapatkan pahala yang kadarnya selama seribu bulan jika memang bertepatan jatuhnya malam Lailatul Qadar.

Rasulullah SAW Bersabda:
"Carilah Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan".(HR. Bukhari no. 2017).

"Barangsiapa qiyamullail pada lailatul qadar karena iman dan mengharapkan perhitungan (pahala), diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhari dan Muslim)

Berikut adalah rahasia malam Lailatul Qadar yang diantaranya jika melakukan ibadah di malam harinya jika bertepatan pada malam Lailatul Qadar:
1. Dikabulkannya Doa-doa apabila usai melakukan shalat Qiyamul Lail jika bertepatan pada malam Lailatul Qadar.

2. Mendapatkan pahala yang kadarnya selama 1.000 bulan

3. Akan dilimpahkan keberkahan

4. Dicatatkan takdir tahunan kepada seluruh mahluk. Hal ini tertuang di dalam Al Qur'an.
Allah SWT Berfirman:
“Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah” (QS. Ad Dukhan: 4).

5. Mendapatkan ampunan dari Allah SWT
Rasulullah SAW Bersabda:
“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901)

 

 




Berita Lainnya

Soal Reaktifasi Koopssusgab Indonesia

07/06/2018 11:35 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA