Wednesday, 28 Jul 2021
Temukan Kami di :
Nasional

Kemenhub Sarankan Ini Untuk Pemudik Yang Ingin Beli Tiket Pesawat

Adam Khan - 15/05/2018 13:18

BeritaCenter.com – Cuti libur lebaran telah ditambah oleh pemerintah menjadi 7 hari. Bagi para pemudik yang ingin beli tiket pesawat berikut saran dari Kemenhub.

Dirjen Udara Kemenhub meminta penumpang menghindari membeli tiket pesawat saat puncak dan balik mudik. Walaupun kapasitas kursi pesawat yang disediakan maskapai mencukupi, pada puncak mudik dan balik itu bisa saja jumlah kursi yang disediakan tidak mencukupi.

"Untuk itu kami mengimbau masyarakat dapat menghindari puncak-puncak mudik dan balik itu demi mendapat tingkat kenyamanan penerbangan yang maksimal," kata Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/5/2018).

Menurut Agus, tahun ini jumlah kursi pesawat yang disediakan untuk domestik 5.996.342 kursi dan internasional 1.212.670 kursi dengan total armada 541 pesawat. Jumlah ini 5 persen lebih banyak dari perkiraan jumlah penumpang yaitu 5.001.286 penumpang domestik dan 869.537 penumpang internasional.

Namun jumlah itu adalah total untuk 16 hari yaitu H-7 hingga H+8. Jika penumpang menumpuk minta terbang di satu hari tertentu, bisa saja penerbangannya habis atau delay panjang karena tidak dapat slot terbang.

Menurut Agus, Ditjen Perhubungan Udara akan selalu memantau jalannya operasional penerbangan selama mudik dan balik libur Lebaran ini dengan seksama sehingga tidak terjadi hal-hal negatif. Termasuk pemantauan yang dilakukan adalah terkait harga tiket pesawat di puncak mudik dan balik sehingga tetap dalam koridor tarif batas atas yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 14 tahun 2016 tentang Mekanisme Formulasi Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Agus menuturkan, ada 6 hari yang menjadi perkiraan puncak mudik dan balik lebaran sektor udara. Terdiri dari 2 hari sebelum lebaran (mudik) dan 4 hari sesudah lebaran (balik).




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA