Wednesday, 17 Oct 2018
Temukan Kami di :
News

Jakarta Akan Disulap Seperti Suasana Ramadhan di Mekkah dan Madinah

Indah Pratiwi - 12/05/2018 08:52

Beritacenter.COM - Dalam menyambut bulan suci Ramadhan Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menjadikan wilayahnya seperti Mekkah dan Madinah pada Ramadhan mendatang hingga Hari Raya.

Hal ini ditegaskan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan, pada Ramadhan 1439 H yang akan datang beberapa hari lagi akan menjadi momentum untuk memuliakan manusia. Di daerah Jakarta tidak boleh ada orang kelaparan, orang tidak punya tempat tinggal dan harus dilayani tanpa perlu mengantre atau berebut dalam buka puasa bersama di seluruh masjid yang ada wilayahnya, Sabtu(12/5).

"Kita mau bikin Ramadhan di Jakarta seperti di Mekkah dan Madinah," kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, kemarin.

Bulan suci Ramadhan, kata Sandi, pihaknya akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Sehingga, ketika memasuki buka bersama di masjid atau di Monas yang rencananya diadakan besar-besaran, jamaah tidak perlu berebut dan hanya tinggal duduk dilayani menu berbukanya oleh tim yang akan dibentuk.

Pihaknya nantinya akan melibatkan keluarga-keluarga sejahtera maupun perusahan-perusahaan untuk berpartisipasi dalam sepanjang bulan Ramadhan. Intinya, kata dia, tidak boleh ada orang yang kelaparan selama bulan Ramadhan.

"Untuk event di Monas nanti hanya satu kali dan sedang dipersiapkan. kita akan berikan layanan buka puasa dan Salat Maghrib setelah itu kita akan ada salawat dzikir baru masuk isya tarawih setelah itu bubar," ujarnya.

Di lain tempat, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sudah mengintruksikan 223 RW yang masuk kategori kota miskin agar mempersiapkan penyiapan buka bersama sepanjang bulan Ramadhan. Menurutnya, semua itu sedang ditata dengan melibatkan masyarakat hingga lapisan terbawah.

"Jadi saya siapkan untuk mereka bisa buka puasa dan saya sampaikan jangan hanya di pejabat pemerintah karena yang begini pasti banyak warga Jakarta ingat membangun Kota Jakarta dengan pendekatan kolaborasi warga melakukan pemerintah juga melakukan dan ini contoh yang mau kita buat kolaborasi," tegasnya.

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA