Wednesday, 17 Oct 2018
Temukan Kami di :
Opini

Indahnya Menjemput Jodoh Dengan Shalat Istikharah

Indah Pratiwi - 08/05/2018 10:48

Beritacenter.COM - Shalat Istikharah merupakan shalat yang dilakukan apabila merasa bingung menentukan pilihan baik masalah perdagangan, bisnis atau jodoh. Dengan melakukan shalat Istikharah dan bermohon petunjuk atas pilihan merupakan tanda kepasrahan diri terhadap semua perkara yang dihadapi agar diberikan jalan terbaik oleh Allah SWT.

Baca Juga :

Shalat Istikharah merupakan shalat sunnah yang bisa dikerjakan kapan saja untuk menentukan keputusan yang benar lantaran dihadapkan beberapa pilihan yang sulit untuk ditentukan, Selasa(8/5).

Perlu diketahui, sebelum adanya Islam kebanyakan orang-orang dahulu(Jahiliah) sering melakukan undian(azlam). Setelah Islam datang, Allah SWT mengharamkan cara semacam itu dan digantinnya lebih baik dengan Shalat Istikharah.

Rasulullah SAW Bersabda:
Dari Jabir bin Abdillah RA, ia berkata: Rasulullah SAW mengajarkan istikharah kepada kami dalam segala urusan, semuanya, sebagaimana beliau mengajarkan sebuah surat dari Al-Qur’an, beliau bersabda: “Jika salah seorang diantara kamu mempunyai keinginan terhadap sesuatu, hendaklah ia melakukan shalat dua rakaat yang bukan fardhu, kemudian membaca doa: ‘Ya Allah, sesungguhnya aku memohon yang terbaik kepada-Mu dengan wasilah ilmu-Mu dan memohon takdir kepada-Mu dengan wasilah qudrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian dari karunia-Mu yang agung, sebab Engkau memiliki qudrat (kemampuan) sedangkan aku tidak memilikinya, dan Engkau mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui, dan Engkau adalah Dzat yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini – dipersilahkan menyebutkan urusan dan hajatnya- adalah yang terbaik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku’ – atau ia berkata: ‘urusanku sekarang dan kemudian’ –‘ maka takdirkanlah untukku dan mudahkanlah untukku, kemudian, berikanlah keberkahan kepadaku dalam urusan itu, dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini – dipersilahkan menyebutkan urusan dan hajatnya – adalah buruk untukku dalam agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku’ – atau ia berkata: ‘urusanku sekarang dan kemudian’ – ‘maka palingkan ia dariku dan palingkan diriku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku di mana pun ia berada, kemudian, jadikan diriku ridha kepadanya’”. (HR Bukhari [1162, 6382 dan 7390).

Tidak ada salahnya jika ada masalah jodoh atau ingin menikah namun masih bingung untuk menentukan pilihan siapa yang akan Anda ingin nikahi. Dengan melakukan shalat Istikharah Insya Allah diberikan jalan yang terbaik dari ketetapan-Nya, Selasa(8/5).

Cara Melakukan Shalat Istikharah:

1. Berwudhu

2. Niat Shalat Istikharah
Usholli Sunnatal Istikhoroti Rak'ataini Lillahi Ta'ala:
"“Aku Niat Shalat Sunnah Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala".

3. Rakat pertama baca surat Al-Fatihah dan membaca surat Al-Kafirun. Pada rakaat kedua baca surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas.

4. Doa Jodoh

Artinya: “Ya Allah hamba memohon agar Tuhan memilihkan mana yang baik menurut Engkau Ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuan-Mu dan hamba memohon kemurahan Tuhan yang Besar lagi Agung karena sesungguhnya Tuhan yang Berkuasa sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi. Ya Allah, jika Tuhan mengetahui, bahwa persoalan ini (Sebutkan masalahnya)........baik bagi hamba, dan baik pula akibatnya bagi hamba, maka berilah perkara ini kepada hamba, dan mudahkanlah ia bagi hamba. Kemudian berikanlah keberkahan bagi hamba, dan penghidupan hamba, dan jika tidak baik akibatnya bagi hamba, maka jauhkanlah ini dari hamba dan jauhkanlah hamba dari padanya. Dan berilah hamba orang yang rela atas anugrah-Mu.”

Kemudian dilanjutkan berdoa:
"Ya Allah jika ia yang terbaik buatku, Izin aku menjauhinya demi kesuciannya. Menjaganya selalu dengan doa, untuk tak melihatnya dengan rasa nafsu belaka.
(Pria) Ya Allah jika ia yang terbaik buatku. Semoga ia adalah wanita Soleha. Berbakti kepada Ayah Bundanya. Selalu menangis karena-Mu Ya Robb. Dan pandai menjaga diri dengan doa-doa.
(Wanita) Ya Allah jika ia yang terbaik buatku. Semoga dia adalah pria soleh. Berbakti kepada Ayah Bundanya. Selalu menangis karena-Mu Ya Robb. Dan pandai menjaga diri dengan doa-doa.

5. Tawakal atau Berserah Diri

 

Wallahu'alam Bishawab




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA