Friday, 25 May 2018
Temukan Kami di :
Bisnis

Ekonomi Tidak Bergerak, Pemda DKI Jakarta Permudah Izin Buka Usaha di Rumah

Indah Pratiwi - 08/05/2018 09:17

Beritacenter.COM - Dalam melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku masih menginginkan Anies Baswedan tetap menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Dia (JK) bilang gimana Prabowo sama Anies. Saya bilang kayaknya Anies masih fokus ya kerja di DKI pak, kita nyaman kerja bersama. Dia bilang, bagus bagus," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Pertemuan dengan Wapres JK, kata Sandi, hanya melakukan tukar informasi terkait situasi dan kondisi Pilpres 2019 dan ekonomi, Selasa(8/5).

"Pilpres jelas Pak JK dukung Pak Jokowi, saya Pak Prabowo, kita bertukar informasi. Dan kesamapandangan kita itu ekonomi bahwa ekonomi tidak bergerak, lapangan kerja tidak tercipta. Harga belum stabil dan menjadi kekahawatiran masyarakat," beber Sandi.

Untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang tidak berjalan dan tidak terciptanya lapangan kerja, Pemda DKI Jakarta telah mengeluarkan Pergub Nomor 30 Tahun 2018 tentang Izin Usaha Mikro dan Kecil Menengah. Pergub ini berisi kemudahan membuka usaha di rumah pribadi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, Pergub itu tidak bertentangan dengan Perda nomor 1 tahun 2014. "Kalau ada anggapan bahwa kita menerbitkan Pergub yang bertentangan dengan Perda, saya klasifikasi," kata Sandiaga di Balai Kota Jakarta, 7 Mei 2018 malam.

Syarat itu pertama bangunan boleh permanen atau semi permanen dan hanya boleh memiliki luas maksimal 100 meter persegi. "Tempat usaha 30 m2 dan atau 20% dari luas lantai bangunan masa berlaku paling lama 5 tahun dan akan dievaluasi kembali," kata Sandi.

Bukan itu saja, pemilik usaha tidak boleh lebih dari Rp 500 juta dengan omset penjualan maksimal Rp 2,5 miliar.

"Dengan tenaga kerja maksimal 19, di atas 19 orang maka wajib memindahkan lokasi (ke kawasan usaha)," imbuh Sandi.



Berita Lainnya

Begini Nasib Grab dan Uber Usai Akuisisi

26/03/2018 20:53 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA