Friday, 25 May 2018
Temukan Kami di :
Bisnis

Begini Gambaran Nasib Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Indah Pratiwi - 04/05/2018 08:02

Beritacenter.COM - Kabar cairnya pinjaman dari Tiongkok, PT Wijaya Karya (Pesero) Tbk dengan kode emiten WIKA dan merupakan satu anggota Konsorsium Kontraktor Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan melakukan percepatan pelaksanaan konstruksi, setelah China Development Bank (CDB) mencairkan kredit tahap pertama USD170juta atau setara Rp2,28 triliun.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama WIKA Tumiyana mengatakan bahwa cairnya dana ini menunjukan komitmen CDB dalam membiayai proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang akan segera dilakukan, Jumat(4/5).

"Adapun lingkup pekerjaan WIKA dalam konsorsium adalah pekerjaan struktur, arsitektur, lanskap serta mekanikal dan elektrikal," ujar Tumiyana dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Kabarnya, kereta cepat Jakarta-Bandung akan menghubungkan empat stasiun diantaranya Halim, Karawang, Walini dan Tegalluar Bandung sepanjang 142,3 Km.

Perusahaan tersebut bertindak sebagai kontraktor, WIKA turut berperan aktif sebagai pemegang saham pada PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) sebesar 38%, sementara PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebesar 25%, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII 25%, dan PT Jasa Marga Tbk sebesar 12%.

Selain itu, PSBI bersama Beijing Yawan HSR Co. Ltd masing-masing memiliki 60% dan 40% saham di PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang akan dibangun itu.




Berita Lainnya

Begini Nasib Grab dan Uber Usai Akuisisi

26/03/2018 20:53 - Indah Pratiwi
Kemukakan Pendapat


BOLA