Saturday, 15 Aug 2020
Temukan Kami di :
Opini

Begini Adab, Batasan dan Syariah Jika Ingin Melamar Pasangan

Indah Pratiwi - 26/04/2018 10:52

Beritacenter.COM - Sebelum pernikahan dimulai dalam adab, batasan dan syariah setiap muslim yang akan melakukan pernikahan hendaknya melakukan Khitbah(melamar) atau meminang wanita yang dikehendakinya terlebih dahulu.

Perlu diketahui, khitbah merupakan pengikat agar tidak ada laki-laki yang bisa mengajukan pinangan kepada wanita yang telah dilamar. Meski demikian, khitbah bukan bagian dari pernikahan karena belum ada ijab kabul atau akad nikah, Kamis(26/4).

Baca Juga: 

Meski telah melakukan lamaran atau khitbah, mereka calon suami istri yang telah melakukan lamaran belum bisa bebas berduaan tanpa ditemani mahramnya. Walau wanita sudah dilamar atau dipinang, calon suami masih tetaplah sebagai orang asing sehingga belum bisa dikatakan halal bagi keduanya.

Hal itu disebabkan lantaran jika seorang pria dan wanita melakukan berduaan tanpa mahram(saudara dari wanita) dikhawatirkan terjadinya hal yang tidak diinginkan atau menimbulkan fitnah.

Rasulullah SAW Bersabda:
" Janganlah seorang laki-laki itu berkhalwat (menyendiri) dengan seorang wanita kecuali ada mahram yang menyertai wanita tersebut." (HR. Bukhari & Muslim).

Bahkan, di dalam peraturan syariah Islam sendiri apabila siapa saja yang telah melakukan khitbah atau lamaran(pinangan) hendaknya menyegerakan secepat mungkin akad nikah atau ijab kabul. Karena, itu merupakan jalan yang dibenarkan dalam agama Islam.

Wallahu'alam Bishawab




Berita Lainnya

Meributkan Logo HUT RI Ke 75

15/08/2020 12:25 - Indah Pratiwi Budi

Momentum HUT RI, Bersinergi Lawan Covid-19

14/08/2020 10:40 - Indah Pratiwi Budi

Siapa Dibalik Novel Baswedan dan Apa Agenda Dibaliknya

14/08/2020 09:00 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA