Thursday, 22 Oct 2020
Temukan Kami di :
Kriminal

Sukurin! Dua Kali Dibui, Residivis Pelaku Begal Pelajar di Bandung Didor Polisi

Aisyah Isyana - 25/04/2018 16:59

Beritacenter.COM - Satreskrim Polrestabes Bandung berhasil menangkap dua pelaku begal yang sudah dua kali keluar masuk bui, yakni Muhammad Yusuf alias Jon (21) dan Jonathan Immanuel Ruru alias Joe (18), Rabu (25/4/2018).

Penangkapan terhadap dua pelaku yang beraksi membegal korban seorang bikers di Jalan Cibodas, Antapani, Kota Bandung, itu dipimpin Kasatreskrim AKBP M Yoris Maulana, sekira pukul 05.00 WIB.

"Kita berhasil menangkap pelaku curas (pencurian dengan kekerasan) yang melakukan kejahatan beberapa hari yang lalu," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jabar.

Dalam menjalankan aksinya, kedua pelaku biasa menggunakan sepeda motor dan membawa senjata tajam berupa golok. Aksi pembegalan terhadap korban terjadi saat keduanya tengah berkeliling dan bertemu korban pelajar bernama Hendi Junaedi (16) didaerah Antapani.

"Korban dipepet motor pelaku dan diancam untuk menyerahkan barangnya. Akhirnya korban menyerahkan barang berupa ponsel," tutur Hendro.

Tak beberapa lama setelah kejadian, korban langsung melapor ke polsek terdekat. Guna memburu pelaku, tim gabungan Polsek Antapani dan Polrestabes Bandung pun dikerahkan ke lapangan. Dari hasil olah TKP dan pemeriksaan saksi, polisi mulai mengendus keberadaan pelaku hingga akhirnya dapat menangkap keduanya.

"Sempat terjadi perlawanan. Akhirnya kita lakukan tindakan tegas dan keras. Mereka kita tembak di kakinya," kata Hendro.

Dari penangkapan terhadap kedua pelaku, diperoleh fakta bahwa keduanya ternyata residivis yang telah dua kali masuk penjara. Pertama, mereka melakukan begal pada tahun 2014. Delapan bulan mendekam, 'duet maut' itu kembali melakukan aksi kejahatan. Mereka tercatat pernah ikut dalam aksi pembunuhan.

"Nah baru keluar pada bulan Maret lalu. Setelah keluar, ternyata melakukan aksi kejahatan lagi, bahkan sudah 20 kali. Sasarannya wilayah timur Bandung," ungkapnya.

Salah satu pelaku yang memiliki tato nama 'Joe' dileher, mengaku nekat melakukan aksi begal agar dapat memiliki uang untuk membeli minuman keras. "Terpaksa, buat minum-minum," kata dia.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua pelaku yang masuk bui untuk ketiga kalinya ini dijerat dengan Pasal 365 KUHPidana tentang pencurian dengan kekerasan dan Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang darurat nomor 12 tahun 1951 tentang senjata tajam. Mereka terancam bui selama 12 tahun.

"Semoga ini jadi petualangan terakhir Joe dan Jon," kata Hendro. a




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA