Wednesday, 15 Aug 2018
Temukan Kami di :
Gadget

Awas, Jangan Isi Baterai Smartphone Pada Sembarang Tempat Jika Tidak Ingin Bernasib Begini

Indah Pratiwi - 21/04/2018 15:26

Beritacenter.COM - Kehabisan tenaga baterai memang terkadang membuat emosi karena smartphone merupakan kebutuhan yang kini sudah tidak bisa dipungkiri. Namun, saat ingin melakukan charger atau pengisian baterai smartphone, ada hal yang perlu diwaspadai ketika ingin melakukan pengisian daya baterai smartphone yang berada di tempat umum.

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bahwa masyarakat Indonesia harus waspada terhadap tempat-tempat umum. Ini disebabkan bisa saja ada pihak yang tak bertanggungjawab dan mencuri data dari perangkat smartphone Anda, Sabtu(21/4).

"Apakah pernah mengisi daya perangkat mobile-mu di tempat umum? Kalau begitu, perhatikan nih agar data dalam perangkatmu tetap aman ya," tulis Kominfo dalam akun Instagram mereka".

Kasus Juice Jacking merupakan kasus pembajakan data smartphone melalui kabel data USB saat mereka sedang melakukan pengisian daya baterai smartphone di tempat umum. Para penjahat akan melakukan penyusupan kode berbahaya ke perangkat korban sehingga akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kominfo pun menghimbau kepada masyarakat luas agar berpikir ulang jika ingin mengisi daya smartphone di tempat umum. Selain itu, Kominfo juga memberikan tips jika kehabisan baterai smartphone di tempat-tempat umum.

1. Tidak mengisi ulang perangkat mobile di tempat-tempat publik dengan port USB.

2. Memakai kepala charger beserta kabel USB milik sendiri untuk dihubungkan langsung ke sumber listrik.

3. Memakai powerbank.

4. Membiasakan untuk mematikan smartphone saat mengisi daya guna menghindari pemindahan data.

5. Gunakan kabel USB yang ditujukan hanya untuk mengisi daya saja.

 




Berita Lainnya

Ini Fungsi Kegunaan Kamera AI di Smartphone

04/08/2018 02:40 - Indah Pratiwi

Begini Cara Bersihkan Sampah di WhatsApp

23/07/2018 12:07 - Lukman Salasi
Kemukakan Pendapat


BOLA