Tuesday, 24 Nov 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Panglima TNI dan Kapolri Tegaskan Prajurit Tetap Selalu Netral di Pilkada dan Pemilu

Aisyah Isyana - 19/04/2018 18:30

Beritacenter.COM - Jelang digelarnya Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian menghimbau para prajurit untuk tetap kompak dan solid, serta selalu menjaga netralitas.

Himbauan itu diberikan Marsekal Hadi dan Jenderal Kapolri Tito, setelah menggelar makan bersama personel TNI-Polri di Hall Harapan Bangsa di Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh, Kamis, 19 April 2018.

Pada kesempartan itu, Panglima TNI Marsekal Hadi berharap agar prajurit TNI-Polri tetap menjaaga solidaritas dalam menghadapi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Tak hanya itu, Hadi juga menghimbau personel TNI-Polri untuk selalu menjaga netralitas.

Baca juga :

"Dengan adaya netralitas TNI-Polri seluruh proses demokrasi yang berjalan nanti adalalah demokrasi yang saya maksudkan bisa berjalan dengan aman lancar sesuai yang kita harapkan. Bagimana kita jaga soliditas dan solidaritas dalam mensukseskan pesta demokrasi 2018-2019 ini," kata Hadi kepada wartawan.

Hadi mengatakan, TNI-Polri memiliki kode etik dan netralitas yang harus dijaga. Untuk itu, Roadshow bersama Panglima dan Kapolri ini dinilainya guna meyakinkan bahwa TNI-Polri Profesional.

"TNI polri juga punya kode etik dan kita politik TNI-Polri adalah politik negara dan itu kita angkat semua sehingga pada hari ini kita menggelar roadshow ke Aceh untuk meyakinkan bahwa kita TNI-Polri profesional, kita tetap solid untuk mengangkat netralitas ini adalah harga mati," jelas Hadi.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito sendiri mengatakan bahwa dirinya sudah mengeluarkan perintah agar jajarannya dilapangan dapat tetap netral jelang Pilkada dan Pemilu 2019. Kapolri bahkan mengaku tak akan segan-segan memberi sanksi anggotanya yang melanggar.

"Ini perintah dan sudah ditelegramkan. Risikonya kalau melanggar akan kena sanksi internal, sanksi etik, dan lain-lain," kata Kapolri.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA