Friday, 21 Jan 2022
Temukan Kami di :
Teknologi

Pengumuman, Indosat Tetapkan 1 NIK untuk Maksimal 10 Nomor

Fani Fadillah - 19/04/2018 14:25 Joy Wahjudi

Beritacenter.COM - Permasalahan muncul dalam praktik regulasi pendaftaran kartu sim yakni adanya penyalahgunaan penggunaan data NIK. Bahkan Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) mencatat ada 1 NIK yang digunakan oleh 2,2 juta nomor.

Menanggapi hal itu, CEO Indosat Ooredoo, Joy Wahjudi, menjelaskan perusahaanya kini telah bertindak dengan membatasi penggunaan 1 NIK hanya untuk 10 nomor.

"Mulai awal minggu ini kita putuskan dibatasi hanya10 saja," kata Joy di Lampung, Kamis (19/4/2018).

Kendati demikian, Joy menjelaskan bahwa dalam peraturan menteri tidak ada detail aturan yang jelas mengenai penggunaan 1 NIK untuk berapa banyak nomor di dalam 1 operator.

"Aturannya nggak pernah bilang itu harus berapa, peraturan menteri nggak ada batasan, kita inisiatif melakukan itu. Kalau pemilik NIK daftarin dengan 10 nomor itu aturan tata niaga, kalau mau lebih boleh saja. Jika terjadi penyalahgunaan, aturan hukum tinggal melacak siapa yang melakukan pendaftaran," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Joy menambahkan, penyalahgunaan itu diakibatkan outlet yang ingin mengejar target penjualan. "Sehingga mereka melakukan pendaftaran 1 NIK untuk banyak nomor," tambahnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA