Wednesday, 16 Oct 2019
Temukan Kami di :
News

4 Kebijakan Jokowi Ini Pasti Bikin Para PNS 'Nyengir'

Fani Fadillah - 18/04/2018 08:29 Presiden Joko Widodo

Beritacenter.COM - Kabar baik datang untuk kalian para pegawai negeri sipil (PNS). Meski gaji PNS dipastikan tidak naik tahun ini, namun ada kabar baik lainnya dari pemerintahan Jokowi-JK untuk para PNS.

Saking baiknya mungkin kabar ini bisa membuat para PNS 'nyengir'. Apa sajakah kebijakan tersebut, simak ulasannya berikut ini.

1. Pemerintah akan bangun apartemen khusus PNS

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan segera merealisasikan pembangunan perumahan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Perumahan tersebut nantinya akan dibangun di daerah-daerah tertentu dengan nama ASN City atau ASN Central.

"Kita wujudkan nanti dalam bentuk perumahan yang terjangkau oleh ASN yah. Konsepnya mudah-mudahan dalam waktu dekat baru kita launching kita targetkan tahun ini," kata Menteri PAN-RB Asman Abnur, di Jakarta, Senin (16/4).

Dia mengatakan, pembangunan perumahan ASN untuk memastikan kesejahteraan abdi negara, setelah pensiun. Sementara untuk jenis model perumahan yang direncanakan seperti di kota-kota besar, nantinya akan dibuat dalam bentuk vertikal atau seperti apartemen.

2. THR tahun ini lebih besar

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Asman Abnur mengungkapkan, Peraturan Pemerintah (PP) mengenai besaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tunjangan kerja (tukin) masih terus dikaji oleh pihaknya. Sejauh ini kata dia sudah dalam tahap finalisasi. pembayaran tunjangan hari raya (THR) dilakukan sebelum Lebaran. Sementara untuk pembayaran gaji ke 13 akan dilakukan pada bulan Juni.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberi lampu hijau pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) berupa gaji pokok (gapok) dan tunjangan kinerja (tukin). Kebijakan ini akan direalisasikan seusai KemenPAN-RB merampungkan PP. Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Askolani, memastikan pemberian tukin kini sudah diperhitungkan di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Nanti saja tunggu Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang disiapkan Menteri PANRB untuk kepastiannya. Intinya, budjetnya diperhitungkan sesuai dengan kebijakan. Selama ini kan, itu tidak ditetapkan di APBN 2018. Tapi pelaksanaannya nunggu Peraturan Pemerintah (PP)-nya," tuturnya di Gedung Kementerian Keuangan.

3. Pensiunan PNS juga dapat THR

Presiden Jokowi benar-benar memanjakan abdi negara, selain THR akan ditambah juga. Jokowi juga tidak lepas untuk PNS-PNS yang telah pensiun. Hal ini karena pensiunan PNS juga akan dapat jatah THR. Hal ini dipastikan langsung oleh MenPAN-RB Asman Abnur yang mengatakan pemberian THR nantinya akan diberikan juga untuk pegawai pensiunan.

"Bedanya tahun ini kita berikan THR untuk pensiunan, tahun lalu tidak," katanya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani mengatakan besaran THR untuk PNS aktif dengan yang sudah pensiun tentu saja berbeda. "Tidak dong (tidak sama antara PNS aktif dan pensiunan PNS)," dia menambahkan.

4. PNS laki-laki dapat cuti temani istri melahirkan

Pemerintah melalui Peraturan Kepala (Perka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah mengatur secara rinci mengenai tata cara pemberian cuti berdasarkan jenis cuti. Di antaranya adalah cuti alasan penting (CAP). Di mana PNS laki-laki mendapat cuti khusus untuk menemani istri yang melahirkan.

Kebijakan cuti melahirkan bagi PNS laki-laki melalui CAP diatur dalam Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 24 Tahun 2017 disebutkan bahwa lamanya cuti karena alasan penting ditentukan oleh Pejabat Yang Berwenang Memberikan Cuti paling lama 1 (satu) bulan.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA