Wednesday, 15 Aug 2018
Temukan Kami di :
Kesehatan

Inilah Ciri-ciri Miss V, Yang Masih Perawan

Menurut dr. Ayutika Saraswati Adisasmito, M.Res, dari KlikDokter, dalam masyarakat ada dua pengertian soal vagina yang tidak lagi perawan. Ada yang beranggapan bahwa hilangnya keperawanan ditandai oleh robeknya hymen. Ada juga yang mengatakan keperawanan hilang karena telah berhubungan intim untuk pertama kali.

Indah Pratiwi - 17/04/2018 20:58

FOKUS : Kesehatan

Beritacenter.COM - Menurut dr. Ayutika Saraswati Adisasmito, M.Res, dari KlikDokter, dalam masyarakat ada dua pengertian soal vagina yang tidak lagi perawan. Ada yang beranggapan bahwa hilangnya keperawanan ditandai oleh robeknya hymen. Ada juga yang mengatakan keperawanan hilang karena telah berhubungan intim untuk pertama kali.

Namun, dr. Ayutika menjelaskan bahwa hilangnya keperawanan terjadi karena telah masuknya penis ke dalam vagina (penetrasi) atau telah melakukan hubungan intim.

“Pada umumnya, selaput dara akan robek saat hubungan seksual pertama kali dilakukan. Namun, robekan bisa saja tak terjadi pada selaput dara yang elastis,” jelasnya.

Baca Juga :

Selain itu, robekan selaput dara tidak selalu diakibatkan oleh hubungan seksual. Olahraga berat dan kecelakaan yang menyebabkan cedera di daerah pinggul juga dapat menyebabkan selaput dara yang tipis robek. Oleh sebab itu, selaput dara tidak bisa dijadikan sebagai patokan vagina perawan atau tidak.

Ciri-ciri vagina perawan

Selain dapat dilihat dari ada atau tidaknya selaput dara dan terjadi pendarahan atau tidak pada vagina saat pertama kali berhubungan seksual, vagina perawan atau tidak, bisa dibedakan lewat bentuk liang vagina.

Vagina perawan jika diperiksa akan terlihat rapat dan berbentuk seperti korona. Oleh sebab itu, tak jarang bagian ini disebut vaginal corona. Seperti dilansir dari News Health Advisor, vagina yang telah mengalami penetrasi oleh penis, bentuk liangnya akan berubah.

Meski bentuk liang vagina setiap wanita berbeda-beda, tetapi vagina perawan yang telah mengalami penetrasi bentuknya akan memipih. Jika sebelumnya liang vagina berbentuk lonjong dan cenderung ke arah bulat, wanita yang telah melakukan hubungan seksual, bentuk vagina tersebut akan memipih.

Jadi, vagina perawan memang tidak bisa diketahui hanya dari poin selaput dara saja. Untuk menghindari selaput dara robek, jagalah area vagina Anda dari aktivitas yang berbahaya.




Berita Lainnya

Pasta Gigi Ampuh Besarkan Payudara, Benarkah?

15/08/2018 02:34 - Fani Fadillah

Vaksin MR dari India, Halal atau Haram ?

14/08/2018 18:50 - Indah Pratiwi

Seks Tak Selalu Bisa Bikin Hamil, Ini Penjelasannya

14/08/2018 03:36 - Fani Fadillah Fani
Kemukakan Pendapat


BOLA