Sunday, 22 Apr 2018
Temukan Kami di :
News

Pelajar SMP Nikah Dini di Sulsel Lantaran Takut Tidur Sendirian, Begini Respon Menag

Fani Fadillah - 16/04/2018 14:44 Pelajar SMP di Sulsel nikah dini

Beritacenter.COM - Maraknya kasus pernikahan dini masih terus terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Kali ini dua pelajar SMP di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan dikabarkan ingin menikah hingga menarik perhatian banyak kalangan tak terkecuali Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Melalui akun Twitternya, Lukman menegaskan bahwa pernikahan di bawah umur tidak diperbolehkan.

"Pernikahan di bawah usia (perempuan 16 tahun dan lelaki 19 tahun) tak dibolehkan," cuit Lukman di akun Twitternya, Senin (16/4/2018).

Baca juga:

Akan tetapi, sambung Lukman, aturan itu tidak berlaku jika pasangan di bawah umur itu mendapat dispensasi dari Pengadilan Agama (PA).

"Bila PA memutus dispensasi tersebut, penghulu KUA wajib menikahkannya. PA di bawah MA, bukan Kemenag," sambungnya.

Seperti diketahui, sebelumnya warganet dihebohkan dengan kabar pernikahan sepasang pelajar SMP yang ngotot ingin menikah meski belum cukup umur. Namun permohonan keduanya akhirnya dikabulkan usai meminta dispensasi ke Pengadilan Agama.

Kabarnya pernikahan itu dilakukan bukan karena adanya insiden hamil duluan ataupun akibat kenakalan remaja lainnya. Semua itu murni keinginan pasangan tersebut dan yang menjadi salah satu faktornya adalah sang wanita takut tidur sendiri dirumah setelah ibunya meninggal dunia setahun lalu, sementara sang ayah selalu pergi keluar kota untuk bekerja.




Berita Lainnya

Polisi Tetapkan Bos PT CAG Jadi Buronan

20/04/2018 19:08 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat