Friday, 18 Oct 2019
Temukan Kami di :
News

Puluhan Nyawa Melayang, Polri Ajak Masyarakat Perangi Miras Oplosan

Fani Fadillah - 09/04/2018 19:25 Brigjen Mohammad Iqbal

Beritacenter.COM - Akibat adanya minuman keras (miras) oplosan, puluhan nyawa melayang di berbagai daerah Indonesia. Melihat fenomena itu, Polri mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut serta memerangi miras oplosan.

"Miras oplosan ini, kita harus perangi bersama tak bisa polisi sendiri. Karena partisipasi masyarakat menjadi hal paling utama seperti dari orangtua, lingkungan sekolah, warga dan tempat ibadah," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Polri Brigjen Mohammad Iqbal, kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (9/4/2018).

Baca juga:

Melihat dari waktu kejadiannya, para korban tewas kebanyakan para anak muda pada saat hari libur. Oleh karena itu, peran orangtua, guru sekolah dan lingkungan perlu dimaksimalkan.

"Kami mohon bantuan partisipasi masyarakat. Memang ada perda-perda yang mengatur, tetapi apakah perda itu dapat menjadi ini semua menjadi patuh? Tidak, karena korbannya anak-anak, umurnya masih belasan tahun kan kasian," ungkapnya.

Ia menambahkan, meminum miras merupakan budaya orang barat untuk membuat tubuh hangat karena suhu udara yang dingin, sedangkan di Indonesia adalah daerah tropis yang cenderung panas. Oleh karena itu Polri menghimbau kepada masyarakat untuk bekerja sama melarang anak-anak muda keluar larut malam pada hari libur.

"Lebih baik belajar atau ke masjid atau gereja. Terus juga RT/RW, jangan hanya simbol. RT/RW itu, bapaknya rukun tetangga disana. Babinsa dan babinkamtibmas selalu keliling, tapi kalau tidak dibantu masyarakat juga tidak bisa," tutupnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA