Friday, 24 May 2019
Temukan Kami di :
Opini

Rahasia Dibalik Kedahsyatan Khasiat dan Manfaat Surat Yasin

Indah Pratiwi - 06/04/2018 00:10

Beritacenter.COM - Membaca Al Qur'an surat Yasin rupanya memiliki segudang manfaat dan khasiat bgi orang yang beriman. Selain mendapat ampunan, bagi orang yang senantiasa membaca surat Yasin juga akan mendapatkan ridho Allah SWT.

Dalam karyanya Amirulloh Syarbini menjelaskan bahwa untuk menghadapi perkara yang sulit kemudian dia membaca surat Yasin , maka Allah SWT akan memberi kelancaran dalam urusannya.

Baca Juga :

Apabila surat Yasin dibacakan pada orang yang akan meninggal dunia maka orang yang akan sakaratul maut diberikan kemudahan rohnya keluar dari dalam jasadnya. Dan, jika dibacakan kepada orang meninggal dunia, maka orang yang meninggal dunia itu insya Allah akan mendapat rahmat dan berkah-Nya, Jumat(6/4).

Rasulullah SAW bersabda:
"Jantung Alquran itu ialah surat Yasin. Tidaklah dibaca akan dia oleh seseorang yang menghendaki keridhaan Allah dan keselamatan di hari akhirat, melainkan Allah mengampuni akan dosanya". (HR Abu Daud).

"Setiap sesuatu mempunyai hati. Adapun hati Alquran adalah Yasin. Maka barang siapa yang membaca Yasin, maka Allah menulis baginya (pahala) membaca Alquran 10 kali, selain Yasin". (HR Tirmidzi).

Jika seorang sedang lapar dan kemudian membaca surat Yasin, Allah SWT akan menurunkan anugerah-Nya dengan memberikan kekenyangan kepadanya. Jika seseorang sedang mengalami ketakutan, kemudian dia membaca surat Yasin, maka Allah SWT akan menghilangkan rasa kecemasan dan ketakutannya. Dan jika seseorang terlilit utang kemudian membaca surat Yasin, Insya Allah akan menyelematkan dirinya dari utang piutangnya.

Rasulullah SAW bersabda:
"Lazimkan olehmu membaca surat Yasin, maka di dalamnya ada dua puluh berkat. Jikalau yang membaca orang lapar maka ia akan dikenyangkan. Jikalau yang membaca orang telanjang (orang tak mampu membeli pakaian) maka ia akan dikaruniai pakaian. Bila ia bujang maka ia akan cepat jodohnya. Bila ia takut, ia akan diberi keamanan. Bila ia sakit maka ia akan diberi kesembuhan" (HR Ali bin Abi Thalib).

Berikut keutamaan surat Yasin:
1. Jika seseorang berziarah kemudian membaca surat Yasin, maka Allah akan memberikan keringanan azab kepada orang yang sudah meninggal. Selain itu, orang yang membaca surat Yasin akan mendapatkan pahala.

2. Surat Yasin merupakan jantung Al Qur'an, jika seseorang membacanya maka Allah akan memberikan pahala kepadanya seperti menghatamkan Al Qur'an sepuluh kali.

3. Jika seseorang membaca surat Yasin dengan tujuan mendapatkan pahala dari Allah SWT, maka dia akan diampuni dosa-dosanya. Jika membacanya di suatu hari, maka hajatnya akan dikabulkan Allah SWT.

4. Jika membaca surat Yasin, maka ia akan mendapatkan syafaatnya dan diringankan siksa kuburnya.

5. Dan apabila ia membaca surat Yasin pada malam Jum'at, insya Allah dia akan mendapatkan ampunan dan rahmatNya.

6. Jika dia mengalami ketakutan di suatu tempat, maka Allah akan menghilangkan rasa ketakutan itu.

7. Jika orang sedang tersesat dalam suatu perjalanannya, kemudian dia membaca surat Yasin maka insya Allah dia akan mendapat jalan keluar. Dan masih banyak sekali khasiat dan manfaat dari membaca Surat Yasin yang merupakan jantung Al Qur'an ini.

 

Wallahu A'lam Bishawab

 




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA