Wednesday, 17 Jul 2019
Temukan Kami di :
Hardware

IBM Buat Komputer Terkecil di Dunia, Ukarannya Hanya 1x1 Mm

Aisyah Isyana - 20/03/2018 20:17

Beritacenter.COM - Perusahaan pembuat perangkat komputer, IBM, meramaikan kornfrensi IBM Think 2018 dengan memamerkan komputer terkecil di dunia. IBM mengklaim membuat komputer terkecil didunia dengan dimensi 1x1 mm.

Meski informasinya masih minim, namun biaya pembuatan komputer kecil ini diklaim sangat murah. Disebut komputer terkecil didunia, IBM membandingkan chip komputer itu dengan butiran garam. Komputer ini hanya sedikit lebih besar setelah dipasang motherboardnya, namun masih tak lebih besar dari ujung jari manusia.

Sebagaimana dikutip dari The Verge, Selasa (20/3/2018), dibuat perbandingan komputer kecil yang pernah dibuat sebelumnya, yakni Michigan Micro Mote yang dipamerkan pada 2015. Adapun lebar komputer itu diketahui berukuran 2mm.

Berbicara tentang fitur, komputer kecil buatan IBM dilengkapi prosesor yang memiliki beberapa ratus ribu transistor, memori SRAM, sel photo-voltaic sebagai sumber daya listrik, dan unit komunikasi yang menggunakan LED dan detektor foto untuk berkomunikasi dengan perangkat lain.

Dalam hal ini, IBM mengklaim komputer buatannya punya komputasi setara dengan sebuah chip x86 buatan 1990, yang saat itu kuat untuk menjalankan game Doom versi pertama. Sekedar informasi, Doom membutuhkan komputer dengan spek minimum prosesor 386 dan RAM 4 MB.

Komputer paling kecil di dunia ini akan digunakan oleh IBM dalam proses supply chain management dan perlindungan conterfiet. Dan chip ini adalah satu dari sekian banyak chip crypto-anchors yang sengaja dikembangkan IBM untuk keperluan ini.




Berita Lainnya

Ini Alasan Go-Jek Ganti Nama di Dua Negara

06/07/2018 17:44 - Anas Baidowi

Bali Bakal Nikmati Internet Gratis

12/01/2018 20:44 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat


BOLA