Thursday, 13 Dec 2018
Temukan Kami di :
Politik

Demokrat Siap Bentuk Poros Alternatif dengan PKB dan PAN

Saya kira Demokrat bersama pak SBY akan gagas poros alternatif pasti sudah mempertimbangkan kepentingan bangsa. Dan dalam waktu dekat Demokrat akan bertemu dengan PKB dan PAN

Aisyah Isyana - 13/03/2018 23:10

Beritacenter.COM - Ketua Bappilu Partai Demokrat, Andi Nurpati Baharuddin mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini Ketua Umumnya dan Ketum dua parpol lainnya yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar pertemuan.

Dalam agenda pertemuan tersebut, rencananya mereka akan membahas potensi adanya poros baru dalam Pilpres 2019 mendatang.

"Saya kira Demokrat bersama pak SBY akan gagas poros alternatif pasti sudah mempertimbangkan kepentingan bangsa. Dan dalam waktu dekat Demokrat akan bertemu dengan PKB dan PAN," kata Andi Nurpati dalam keterangannya di Veteran, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (13/3/2018).

Baca Juga :

Ia juga mengatakan sejauh ini keputusan partai masih belum bersedia merapat ke Jokowi. Ia mengatakan pasca Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), Demokrat masih ingin mengajukan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden sendiri.

"Demokrat nanti akan usung calon sendiri. Soal menang atau kalah itu urusan nanti. Pun pahitnya kalah, setidaknya Demokrat masih tunjukkan idealismenya," tegasnya.

Yakin Jokowi kalah di Pilpres 2019

Kemudian Andi Nurpati juga menegaskan bahwa poros incumbent masih memiliki potensi kalah yang sangat besar. Hal ini disampaikannya dengan mempelajari seluruh hasil survei yang ada, bahwa walaupun elektabilitas Jokowi masih terbilang tertinggi namun trend yang muncul memiliki kecenderungan menurun.

"Hampir setiap lembaga survei pak Jokowi masih teratas. Walaupun trendnya turun sampai saat ini dan berada di bawah 46%. Sebagai incumbent naik tapi trendnya tetap turun dan ini yang kami pelajarin," terangnya.

Lebih lanjut, ia pun mengingatkan agar poros incumbent tidak terlalu berbangga diri dengan posisi elektabilitas yang dikeluarkan hampir seluruh lembaga survei yang ada. Jika belajar dari pengalaman SBY akan masuk ke periode kedua, tidak bisa serta merta dicontoh lantaran trend yang ada berbeda.

"Seorang incumbent kalau mau tiru pak SBY kan trend nya naik terus, tapi sekarang kalau ada alternatif bisa kalahkan incumbent, karena trendnya turun," pungkasnya.

Poros alternatif harus wakili rakyat

Memang sejauh ini belum ada gambaran apakah Demokrat akan mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) atau sosok lain.

Pun demikian, Andi Nurpati berharap siapapun yang diusung nantinya merupakan sosok yang memiliki ekspektasi untuk kepentingan rakyat secara menyeluruh.

"Siapapun yang dimunculkan nanti harapannya adalah untuk terbaik bagi bangsa dan negara," tegasnya.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA