Thursday, 13 Dec 2018
Temukan Kami di :
News

Data NIK Bocor, DPR Akan Panggil Menkominfo

Kami panggil semua pelaku operator, beserta Kominfo untuk berdiskusi terkait masalah registrasi ulang kartu SIM prabayar

Hiliyah Azizah - 13/03/2018 20:20

Beritacenter.COM - Pada Senin mendatang, Komisi I DPR akan memanggil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan penyelenggara operator seluler Indonesia. Panggilan itu menyusul insiden bocornya data registrasi ulang kartu prabayar.

“Kami panggil semua pelaku operator, beserta Kominfo untuk berdiskusi terkait masalah registrasi ulang kartu SIM prabayar,” ujar Meutya, Selasa (13/3/2018).

Baca juga:

Dalam diskusi ini, kata Meutya, Komisi I yang membawahi bidang pertahanan, luar negeri, serta komunikasi dan informatika akan membahas kesiapan para operator dalam mengamankan data yang telah diterima.

“Kami akan berdiskusi terkait kesiapan para operator dalam mengamankan data yang sudah masuk (saat pelaksanaan registrasi ulang kartu SIM prabayar),” jelasnya.

Hal itu perlu dilakukan mengingat keresahan masyarakat akan kebocoran data yang belakangan terjadi. Saat ditanya mengenai pendapatnya terkait darimana sumber kebocoran tersebut, Meutya mengatakan bahwa hal ini bisa terjadi dari berbagai sumber. Jadi, harus dilihat darimana datangnya kebocoran tersebut.

“Pintunya terlalu banyak untuk melihat darimana munculnya data pribadi ini. Pertama bisa dari sisi perbankan, bisa dari pribadi, dan lainnya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Menkominfo Rudiantara mengatakan jika tidak ada kebocoran data saat pelaksanaan registrasi ulang kartu SIM prabayar. Dia menganggap bahwa hal ini lebih cenderung kepada penyalahgunaan data.

Rudiantara juga menjelaskan, bahwa Kominfo sama sekali tidak memiliki database penduduk Indonesia. Jadi dia beranggapan bahwa tidak mungkin ada kebocoran data KK dan KTP.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA