Thursday, 13 Dec 2018
Temukan Kami di :
Nasional

Kapolri Pastikan Pilkada Tahun Ini Beda Dengan Pilgub DKI

Anas Baidowi - 13/03/2018 16:43 Kapolri Jenderal Tito Karnavian

Beritacenter.COM - Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian mengaku, pihaknya sudah melakukan pemetaan potensi konflik, sehingga bisa dipastikan Pilkada serentak 2018 akan berlangsung aman dan damai.

"Saya sangat yakin Pilkada ini gak akan ramai, gak akan seperti di (Pilkada) Jakarta," ujar Tito di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Minggu (11/3/2018).

Mantan Kapolda Metro Jaya itu mengatakan, ada 4 komponen yang membuat Pilkada DKI menjadi ramai. "Di Jakarta ada empat komponen bertemu, agama, ras, mungkin ketidaknyamanan pihak tertentu dengan cara bicara, dan partai pendukung pemerintah serta oposisi berada di posisi berseberangan," kata Tito.

Baca Juga:

Di 171 pilkada serentak, menurutnya, ada partai pendukung pemerintah dan partai oposisi banyak yang berkoalisi mendukung satu pasangan calon. Tito menilai hal tersebut dapat mengurangi potensi konflik yang ada.

"Rata-rata (partai pendukung dan oposisi) banyak yang crossing, gabung. Potensi kecil tetap ada tapi di wilayah lain, kalau di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, empat komponen itu tak bertemu sehingga insya allah bisa kita kendalikan," ungkapnya.

Selain itu, Tito juga memastikan jajarannya telah berupaya menjaga stabilitas keamanan. Dia pun mengancam akan mencopot anggotanya jika tidak bisa memetakan dan melakukan pencegahan konflik sosial masyarakat yang berdampak terhadap stabilitas politik dan keamanan negara.

Tito juga mengajak masyarakat mewaspadai media sosial karena banyak menyampaikan berita provokasi maupun hoax.

"Media sosial ada sisi positif baiknya, tapi faktanya ada kelompok yang terorganisir memanfaatkan untuk kepentingan tertentu. Sampaikan ke publik untuk tidak langsung percaya info di medsos, jangan dicerna mentah mentah, kita tabayyun," imbuhnya.




Berita Lainnya

Mei 98 dan Noktah Hitam Prabowo

12/12/2018 11:53 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA