Thursday, 13 Dec 2018
Temukan Kami di :
Nasional

Gagal di MSG, OPM Dan ULMWP Memanas

Indah Pratiwi - 10/03/2018 20:35

Beritacenter.COM - Gagalnya dan tidak masuknya United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) di MSG, Benny Wenda mengecam atas tindakan yang dilakukan oleh TPN-PB yang disampaikan oleh juru bicara ULMWP Jacob Rumbiak selesai pertemuan negara-negara MSG di Post Moresby, Papua New Guinea(PNG).

Perdana Menteri PNG Peter O’neill sebelumnya memimpin rapat pertemuan puncak pemimpin MSG ke-21 yang dilaksanakan di Port Moresby, Papua New Guinea yang diselenggarakan pada Rabu(14/2/2018), mengatakan ULMWP belum dapat memenuhi persyaratan keanggotaan, Sabtu(10/3).

“ULMWP tidak bisa bergabung di MSG dengan alasan ULMWP merupakan bagian dari Indonesia yang merupakan Negara Sah yang patut diapresiasi dengan pesatnya pembangunan di Papua saat ini. Kami menghormati Indonesia untuk sepenuhnya terlibat dalam MSG,” terang Peter O’neill.

Peter O’neill menambahkan bahwa ia mengucapkan terima kasih kepada Indonesia telah menegaskan komitmennya untuk meningkatkan pengembangan kapasitas Anggota MSG dan juga telah menghubungkan MSG dengan kerangka kerjasama regional lainnya termasuk ASEAN, APEC dan IORA.

Kabarnya, dengan ditolaknya ULMWP adalah ULMWP tidak bisa menjamin kelompok TPN-PB yang masih ada aksi kekerasan dan terror terhadap masyarakat sipil dan aparat TNI yang terjadi pada dua hari sebelum pertemuan MSG di Port Moresby pada Senin(12/02/2018).

Sebelumnya, TPN-PB sempat diberi peringatan oleh Benny wenda untuk tidak melakukan penembakan yang dapat dijadikan tindakan pelanggaran HAM lantaran kejadian itu dapat menghambat perjuangan papua menuju kemerdekaan di PBB. Seperti peringatan itu tidak dihiraukan oleh TPN-PB sehingga melakukan penembakan terhadap seorang anggota TNI di Puncak. Kejadian itu perlu diduga peristiwa ini sengaja dilakukan oleh TPN-PB untuk mengacaukan keberadaan ULMWP di Port Moresby.

Tidak diterimanya ULMWP di MSG, Benny Wenda selaku Ketua ULMWP mengecam keras dan mengutuk TPN-PB sampai kapanpun perjuangan TPN-PB tidak akan pernah berhasil mengantarkan Papua menuju kemerdekaan.

“Benny Wenda sudah pernah mengingatkan TPN-PB untuk menghentikan perjuangan di hutan melalui kekerasan dan terror terhadap masyarakat sipil, dan kemaren terjadi penembakan terhadap seorang anggota TNI di Sinak Puncak, TPN-PB telah melakukan kebodohan atas upaya ULMWP selama ini,” tutur Jacob Rumbiak.



Berita Lainnya

Mei 98 dan Noktah Hitam Prabowo

12/12/2018 11:53 - Indah Pratiwi Budi
Kemukakan Pendapat


BOLA