Saturday, 28 Nov 2020
Temukan Kami di :
Internasional

Dalam Kunjungannya ke Afrika, Melalui 'Menlu' nya Rusia Sampaikan Hal Ini...

Hal itu didukung oleh pernyataan dari seorang Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov. Sergei mengtakan jika ketertarikan negaranya untuk bekerja sama dengan Zimbabwe dalam bidang militer hingga perdagangan.

Sari Intan Putri - 09/03/2018 07:52

Beritacenter.COM - Siapa yang tidak mengenal tambang yang berada di Zimbabwe? Di tambang itu semua orang mengetahui jika memiliki kekayaan yang luar biasa.

Tidak lama ini diketahui jika pemerintah Rusia mengatakan jika pihaknya berminat untuk dapat memiliki tambang di Zimbabwe itu. Mereka lebih menutamakan berlian dan platinum.

Hal itu didukung oleh pernyataan dari seorang Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov. Sergei mengtakan jika ketertarikan negaranya untuk bekerja sama dengan Zimbabwe dalam bidang militer hingga perdagangan.

Diketahui juga pada Kamis (08/03/2018) kemarin, dalam rangkaian tur ke Afrika dan bertemu dengan Presiden Emmerson Mnangagwa di kantor kepresidenan di Harare, Sergei banyak bercerita kepada Sang Presiden.

Baca Juga :

Kunjungan tersebut menjadi yang pertama dilakukan pejabat tinggi Rusia sejak lengsernya Robert Mugabe pada November lalu.

"Kami membahas banyak hal, tentang pekerjaan yang harus kita kejar dalam rangka mengembangkan hubungan perdagangan dan ekonomi antara kedua negara," kata Lavrov dilansir AFP.

"Salah satunya, kami menekankan pada pelaksanaan proyek bersama untuk eksplorasi tambang platinum Darwendale," tambahnya.

Proyek tambang platinum tersebut menjadi salah satu yang terbesar di dunia yang dijalankan bersama oleh Zimbabwe dengan Rusia.

Kedua negara telah menandatangani kontrak pertambangan platinum senilai tiga miliar dolar AS (sekitar Rp 41 triliun) pada 2014.

"Selain itu kami juga membahas terkait prospek kerja sama dalam industri berlian," tambah Lavrov.

Dalam pertemuan yang berlangsung tak lebih dari satu jam itu, turut dicapai perjanjian di bidang pertanian, industri, dan perdagangan, serta peluang kerja sama militer hingga teknologi.

Sementara dari Menteri Luar Negeri Zimbabwe, Sibusiso Moyo menyampaikan harapannya akan manfaat kerja sama dengan Rusia terutama dalam bidang teknologi.

"Kami juga berharap dapat meningkatkan pariwisata dari turis Rusia ke negara ini," kata Moyo.

Dalam rangkaian kunjungan ke benua Afrika, Menlu Rusia telah berkunjung ke Angola, Namibia, Mozambik, dan berencana ke Addis Ababa untuk bertemu dengan petinggi Etiopia dan pemimpin Uni Afrika.




Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA