Friday, 04 Dec 2020
Temukan Kami di :
Nasional

Presiden Rusia Berencana Kunjungi Indonesia

Indah Pratiwi - 09/03/2018 05:01

Beritacenter.COM - Dalam kunjungannya Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang dijadwalkan bertolak ke Moskow, Rusia, untuk bertemu dengan Menlu Sergei Lavrov pada 12-13 Maret mendatang.

Dalam agendanya adalah membahas mengenai rencana kunjungan Presiden Vladimir Putin ke Indonesia yang belum ditentukan waktunya, Jumat(9/3).

"Bu Menlu bertolak ke Moskow salah satunya untuk membahas rencana kunjungan Presiden Vladimir Putin ke Indonesia. Meski begitu, sampai saat ini belum ada tanggal pasti mengenai kunjungannya, ya masih dicocokan," kata juru bicara Kemlu RI, Arrmanatha Nasir, dalam jumpa pers, Kamis (8/3/2018).

Kedua pemimpin negara masih berupaya mencocokkan jadwal untuk bertemu di Jakarta. Lawatan Putin ke Indonesia merupakan balasan atas kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sochi pada 2016 lalu.

Kunjungan Menlu Retno ke Moskow dilakukan untuk memperkuat kerja sama kedua negara, terutama dalam bidang ekonomi dan perdagangan bebas yang menjadi topik utama.

Hal ini terlihat dari nilai perdagangan kedua negara yang meningkat sebesar 20 persen pada 2017. "Tahun 2017 nilai perdagangan kedua negara mencapai US$2,5 miliar ini meningkat dari tahun 2016 yang hanya mencapai US$2,1 miliar," katanya.

"Tidak menutup kemungkinan kita akan bahas, karena selama ini pertemuan menlu selalu bahas isu-isu global seperti situasi di Afghanistan, Rakhine, dan lainnya."



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat


BOLA